Minta Jaminan Seismik PHE Tak Pengaruhi Sumber Air Hippam Tegalrejo

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, pada Rabu (31/7/2019) sore, mendapat giliran sosialisasi survei seismik 3D oleh PT Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ), melalui PT Elnusa. Salah satu bahasan penting antara PT Elnusa dengan warga yaitu jaminan seismik jika berdampak terhadap sumber air Hippam.

Ketua Hippam Tirto Moro, Suradi mengatakan, jangan sampai sumber di sini terganggu dari kegiatan survei seismik PHE. Terpenting bagi Hippam solusi ketika terjadi dampak negatif dari seismik.

"Apa jaminannya saat ada pengaruh seismik ke sumber air," kata Suradi dalam sesi dialog bersama PT Elnusa di Balai Desa Tegalrejo.

Humas PT Elnusa, Novian Kurnia Putra menjelaskan, kalau terbukti seismik berdampak pada sumber mata air, maka langsung diganti. Sebelum kegiatan berlangsung, PHE akan menyampaikan lokasi supaya titik seismik tidak bersinggungan dengan pipa Hippam. Singkronisasi harus dilakukan, supaya tim tahu lintasan pipa di Desa Tegalrejo.

"Jika ada sebuah penelitian yang bisa membuktikan sumber air susut, maka PHE akan tanggungjawab," terangnya.

Penelitian ilmiah sebenarnya sudah dilakukan tahun 2016 oleh IPB. Penelitian tanah waktu itu lokasinya di Indramayu Jabar. Waktu itu ITB uji tanah sebelum disurvei dan setelah survei.

Hasilnya kurang lebih 6 bulan, bahwa kegiatan survei seismik itu tidak menimbulkan perubahan unsur hara dan struktur tanah. Oleh karena itu, di Tuban juga dipastikan tidak ada dampak serius.

Pada dasarnya seismik hanya menghasilkan getaran saja. Makanya sebelum kegiatan ini dilakukan, PHE sosialisasi dokumen UKL UPL kepada Wabup dan intansi terkait serta camat. Dari paparan tersebut, PHE dapat ijin dari Pemkab. Kalau tanpa paparan tentu PHE tidak akan dapat ijin dari Pemkab.

"Nantinya kami akan intens komunikasi dengan pengurus Hippam, supaya bisa mengambil kebijakan yang pas. Untuk jaminannya kami butuh waktu menyampaikan ke pimpinan," tutupnya. [ali/rom]