Bisa Diservis, Begini Solusi Shock Breaker Rusak

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kerusakan ataupun keluhan tentang shock breaker kendaraan sepeda motor, bisa diperbaiki melalui bengkel servis multi maupun spesialis shock breaker.

Pemakaian shock kendaraan, khususnya sepeda motor dengan lintasan jalur yang ekstrim sedikit banyak mempengaruhi kinerja kendaraan. Alhasil, shock bisa saja menjadi lemas, mentok pir, bahkan mengalami kebocoran sil karet, hingga as shock yang rusak.

"Bisa diperbaiki selama tidak parah, asal as dalam shock kondisinya baik," kata Eko, seorang mekanik di Tuban selatan, Senin (29/7/2019).

Bapak satu anak itu menjelaskan, kerusakan paling dasar yakni seal karet bocor bisa diganti dengan seal karet yang baru. Tentu harus dibongkar total bagian dari shock breaker.

Setelah dibongkar dari bagian, seal karet bisa diganti dengan seal yang baru. Kerusakan pada karet shock, misal bocor atau sobek, menyebabkan oli menetes keluar dari tabung dan habis begitu saja jika tak dilakukan servis. 

"Perlu ditambah oli. Kalau kosong atau habis, ya diisi yang dengan oli yang baru," tambahnya.

Sementara bagian shock breaker yang mengalami kerusakan cukup parah sebab terlalu lama tak ditangani, bisa berimbas pada bagian as. Kerusakan sedang, bisa sebenarnya bisa diatasi dengan mengganti soal karet saja. Namun bila masih dirasa tak cukup, bisa mengganti bagian as shock yang baru.

Perbaikan part kaki-kaki motor tersebut, bisa bertahan selama maksimal 1 tahun saja. Itupun tergantung pemakaian, rute atau medan jalan yang dilalui si pengguna motor.

"Paling tidak cukup aman untuk sementara. Kalau parah, gak bisa diservis ya langsung saja beli yang orisinil atau produk after market," ungkap mekanik di Jalan Bengawan Solo Desa Simo, Kecamatan Soko itu. [feb/lis]