Akhirnya Keberadaan Cam Pekerja Uji Seismik PHE Tuban Disosialisasikan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah perwakilan warga dan juga tokoh masyarakat yang tinggal di Dusun Mbecok, Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban mengikuti kegiatan sosialisasi keberadaan cam untuk para pekerja Uji Seismik 3D yang dilaksanakan oleh Pertamina Hulu Egergi (PHE), Sabtu (27/7/2019).

Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan untuk memberitahukan secara resmi bahwa terdapat ratusan pekerja Uji Seismik PHE itu yang membuat tempat tinggal sementara di dusun itu. Dalam sosialisasi itu juga dilakukan musyarawah dengan masyarakat terkait dengan aturan-aturan yang harus dipatuhi para pekerja.

Pertemuan antara warga dengan penanggungjawab pekerja Uji Seismik 3D itu dilakukan setelah sempat mendapatkan protes dari warga. Di mana sebelumnya, ratusan pekerja itu sudah tinggal di lokasi cam meski belum memberitahukan secara resmi kepada warga setempat.

"Kita mohon maaf sebelumnya, kita baru bisa melakukan silaturahmi secara langsung kepada bapak-bapak semuanya. Ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang intinya ingin musyawarah bersama terkait dengan keberadaan cam pekerja," Kata Arip, selaku Humas kegiatan Uji Seismik 3D yang dilakukan PHE.

Arif menegaskan pekerja yang tinggal di cam itu sebanyak 321 orang yang merupakan warga Tuban saja. Ditambah beberapa pekerja dari daerah lain yang ikut dalam kegiatan Uji Seismik.

"Hasil dari pertemuan ini sudah kita sepakati terkait dengan aturan para pekerja yang tinggal di cam. Salah satunya batasan pekerja keluar cam adalah jam 9 malam dan harus pakai tanda pengenal," tambah Arip.

Sudarlin, salah satu perwakilan dari warga Dusun Mbecok, menyatakan memang sudah ada titik temu terkait permasalahan keberadaan pekerja Uji Seismik. Diharapkan kesepakatan dari pertemuan itu supaya bisa dipatuhi oleh para pekerja dan perusahaan.

"Pertemuan ini memang membahas tentang hubungan kerja dan pekerja yang tinggal domisili di cam. Kalau misalkan peraturan yang telah ditetapkan tidak dilaksanakan maka kita minta untuk keluar dari desa sini," ungkapnya.

Adapun kegiatan sosialisasi terkait dengan keberadaan cam pekerja Uji Seismik 3D kepada warga itu dihadiri oleh Kapolsek Merakurak, Danramil Merakurak, Sekcam Merakurak dan juga pihak desa. Sedangkan, untuk sosialisasi terkait dengan proses kegiatan Uji Seismik di wilayah Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak akan dilaksanakan pada hari Rabu (31/7/2019) mendatang. [ali/ito]