Banyak Trotoar di Tuban Jebol, Bahayakan Pengguna Jalan

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Kondisi trotoar di Kabupaten Tuban, khususnya yang ada di wilayah kota sangat meperihatinkan. Fasilitas yang diperuntukkan bagi pejalan kaki tersebut keberadaannya dipenuhi lubang, sehingga membahayakan penggunanya. 

Berdasarkan pantuan dari blokTuban.com ada beberapa trotoar di Tuban yang berlubang, di antaranya trotoar yang berlokasi di Jalan Sunan kalijaga tepatnya di depan SMP Negeri 3 Tuban. Kemudian, trotoar yang ada di Jalan Pahlawan, kondisinya berlubang memanjang hingga 500 meter dengan kedalaman kurang lebih 30 centimeter, ada juga trotoar yang berlokasi di Jalan Sutomo tepanya di sebelah pintu keluar supermarket. 

Salah satu pedagang kaki lima yang berjualan disekitar Supermarket, Sam (45) mengatakan, trotoar jebol sudah sekitar dua minggu yang lalu, hal tersebut disebabkan seringnya pengendara sepeda motor yang menaikkan kendaranya diatas trotoar.  

"Kendaraan sering naik ke atas trotoar," ungkap Sam.  

Ia menambahkan, sekitar tiga hari yang lalu,  ada dua orang pejalan kaki yang jatuh saat berjalan malam hari. 

"Di sini kalau malam gelap,  jadi pejalan kaki tidak tahu kalau ada lubang," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemungkiman (PRKP) Tuban, Sudarmaji mengatakan, anggaran untuk pembenahan sedang di proses di PAPBD 2019.

"InsyaAllah, antara bulan September  atau Oktober sudah kita perbarui semua trotoar yang rusak," ungkapnya. [nid/col]