Pengabdian Masyarakat, UPN Veteran Jatim Galakkan E-Commerce

Pengirim: Faiza El-Hulwy

blokTuban.com - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur menggelar Dharma ke 3 Perguruan Tinggi, Pengabdian Masyarakat di Desa Jati, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, oleh Tim yang diketuai oleh Dra. Ec. Nurjanti Takarini, M.Si., yang beranggotakan Rohmatul Faizah, S.Pd.I., M.,Pd.I., Anajeng Esri E.M., S.H., M.,H., Amalia Anjani S.kom., M.Kom., dan dibantu oleh mahasiswa sistem informasi UPNVJT, yakni Pandu Sukma Kisi Shesa.

Menggalakkan ekonomi kerakyatan, merupakan tujuan Pengabdian Masyarakat bertajuk "Implementasi E-Commerce Berbasis Legalitas Kontrak sebagai Upaya Peningkatan Pangsa Pasar untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Jati, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Pengabdian Masyarakat ini diselenggarakan di Desa Jati, selama 2 hari, Sabtu-Minggu, 20-21 Juli 2019. 

Di hari pertama, dilaksanakan Forum Group Discussion bertajuk "Manajemen Problem Solving Mitra Usaha". Dilanjutkan hari kedua agenda penyuluhan dan pelatihan bertajuk "Manajemen E Commerce Berbasis Legalitas Kontrak"

“Subyek pengabdian masyarakat ini adalah masyarakat Desa Jati yang merupakan pemilik usaha kecil pengrajin kedelai tempe, pengrajin karya tangan, pengrajin olah limbah kayu, dan pengrajin keripik singkong. Pengrajin-pengrajin ini merupakan pemilik usaha-usaha kecil rumahan yang belum masuk dalam UMKM,” jelas Nurjanti.

Pengabdian Masyarakat ini menyajikan penyuluhan sekaligus pelatihan. Untuk penyuluhan, dipaparkan terkait topik manajemen pemasaran, e-commerce atau perdagangan online, dan ketiga membahas terkait legalitas bisnis online.

Dalam kegiatan ini juga diberikan pelatihan untuk menggunakan laptop yang diserahkan untuk masyarakat pemilik usaha, untuk selanjutnya dapat digunakan untuk e-commerce.

Maksud dari penyuluhan adalah agar usaha kecil di Desa Jati dapat memiliki pemahaman pemasaran, dapat memasarkan secara online, dan memahami pengaturan hukum perdagangan online supaya tidak bermasalah secara hukum. 

"Harapannya, melalui pengabdian masyarakat melalui penyuluhan dan pelatihan, perdagangan produk-produk asli Desa Jati, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa tersebut, khususnya usaha-usaha kecil rumahan, sampai dengan dapat menjadi UMKM dan usaha lebih besar lagi," tutup Nurjanti. [lis]