Pembentukan Panitia Pemilihan Pengurus Baru Disepakati Pasca HUT Dewa Kongco

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Mediasi umat Tri Dharma Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) dan Tjoe Ling Kiong (TLK) bersama Forum Koordinator Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tuban di Gedung Sanika Satyawada Polres Tuban, Kamis (18/7/2019) menghasilkan beberapa kesepakatan.

Kesepakatan bersama yang dihasilkan dalam mediasi itu, diantaranya adalah pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) umat, serta pembentukan Panitia Pemilihan Pengurus Baru TITD Klenteng KSB dan TLK Tuban setelah HUT YM Konco Kwan Sing Tee Koen, pada 25-26 Juli 2019.

"Dari mediasi ini sudah ditemukan solusi. Untuk langkah awal sesuai janji saya tadi kita buatkan KTA untuk umat, kemudian tinggal nanti pembentukan panitia pemilihan pengurus setelah perayaan ulang tahun," terang Ketua Umum Demisioner TITD Klenteng KSB dan TLK Tuban, Gunawan Putra Wirawan.

Ditambahkannya, usai perayaan HUT Kongco nanti, pihaknya juga akan mengumpulkan semua umat serta akan mengundang Forkopimda Tuban guna mendampingi pelaksanaan pembentukan panitia pemilihan pengurus yang baru.

"Mayoritas semua umat juga menginginkan agar pemilihan pengurus dilakukan secepatnya," imbuh Gunawan.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono menyampaikan, dalam mediasi ini telah disepakati bersama untuk pelaksanaan pembentukan Panitia Pemilihan Pengurus TITD Klenteng KSB dan TLK usai perayaan HUT Konco.

"Agar pada perayaan HUT nanti lebih tenang dan khidmat, maka pembentukan panitia pengurus akan dilaksanakan setelah itu," terang Kapolres Tuban.

Dia juga berharap, agar pengurus TITD Klenteng KSB dan TLK Tuban segera terbentuk. Karena konflik internal ini sudah berlangsung berlarut-larut. "Saya berharap selama saya di Tuban mampu memberikan kenangan yang baik supaya Klenteng KSB serta pengurusnya bisa berjalan dengan baik," pungkasnya.[hud/ito]