Bupati: Tugas Guru PAI Kenalkan Konsep Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Reporter: Nidya Marfis

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda menghadiri Halal Bihalal Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) dan Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) AGPAII Kabupaten Tuban masa bakti 2019-2022, Rabu (17/07/2019) di Pendopo Krido Manunggal Tuban. 

Saat sambutannya, Bupati Tuban menyampaikan berbagai masalah terkait guru PAI acapkali terjadi di sejumlah wilayah, dan semoga tidak terjadi di Tuban. Jika memang ada permalasahan, Dinas Pendidikan dan Kemenag dapat duduk bersama untuk mencari solusi.  "Kami juga berharap AGPAII dapat bersinergi dengan organisasi guru lainnya," ungkap Bupati. 

Beliau juga menyampaikan, selamat kepada pengurus yang dilantik. Pengurus bisa menjadi mediator, sekaligus memperjuangkan aspirasi guru PAI. 

"Pemkab Tuban siap mewadahi aspirasi guru PAI selama sesuai dengan regulasi yang ada," ungkapnya. 

Bupati dua periode ini,  juga mendukung DPW AGPAII Jatim dalam mensyiarkan konsep Islam rahmatan lil 'alamin. Adanya perbedaan menjadi berkah dan keindahan umat manusia. Beberapa waktu lalu, bangsa Indonesia sempat memanas lantaran politik identitas yang dihembuskan.

"Kita kenalkan kepada anak tentang Islam yang ramah dengan berbagai kisah-kisah Rasul, sahabat, wali, maupun ulama lainnya," tuturnya. 

Lebih lanjut, dalam menjelaskan konsep rahmatan lil 'alamin harus diadaptasikan dengan kajian kontemporer.  "Guru PAI harus benar-benar memahami islam secara utuh," serunya.

Selain itu, diharapkan para guru juga memberikan contoh dan suri tauladan yang luhur. Tujuannya, agar anak-anak dapat memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. [nid/col]