Fasilitasi Pertemuan Umat Tri Dharma, Pemkab Ingin Ada Solusi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, melalui Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) memfasilitasi pertemuan umat Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) dan Klenteng Tjoe Ling Kiong (TLK) Tuban.

Pertemuan yang dilaksanakan di Pendopo Kridho Manunggal Tuban itu, turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Wiyana, Kepala Kesbangpol Tuban, Didik Purwanto serta perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tuban.

Selain itu, hadir pula Sekjen Majelis Rohaniawan Tri Dharma Indonesia Hendra Kurniawan, Ketua pengurus demisioner Kelenteng Tuban Gunawan Putra Wirawan, serta sebanyak 183 umat TITD KSB dan TLK di Kabupaten Tuban.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban Budi Wiyana menegaskan, agenda pertemuan umat TITD KSB dan TLK Tuban kali ini pemkab hanya memfasilitasi umat untuk melakukan pertemuan tidak lebih dari itu.

"Pertemuan kali ini Pemkab hanya memfasilitasi pertemuan umat saja," ungkap Sekda Tuban kepada wartawan, Minggu (14/7/2019).

Ditegaskan oleh Sekda, bahwa fasilitasi pertemuan kali ini merupakan permintaan dari sejumlah umat TITD KSB dan TLK Tuban, dengan harapan mendapatkan solusi yang terbaik bagi umat terkait kepengurusan TITD.

"Pertemuan ini kita ingin memastikan kondisi kerukunan umat beragama rukun dan kondusif, serta ada solusi yang baik pasca pertemuan ini," imbuhnya.

Sementa itu, terkait dengan mayoritas para umat yang hadir dan ingin menyelenggarakan pemilihan pengurus klenteng KSB Tuban yang baru, Pemkab menyerahkan itu sepenuhnya kepada umat.[hud/ito]