Pemkab Tuban Siap Fasilitasi Pertemuan Pengurus Klenteng KSB Besok

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tuban telah siap memfasilitasi pertemuan umat Tri Dharma di Pendopo Kridho Manunggal Minggu (14/7/2019) besok.

Sesuai surat Nomor  220/3782/414. 205/2019. Perihal Pemberitahuan HUT YM Kongco Kwan Sing Tee Koen ke 1859 yang dilayangkan Pemkab Tuban kepada Panitia Hari Besar TITD KSB dan TLK Tuban.

Dalam surat itu, tercantum rencana untuk memfasilitasi pertemuan itu tanggal 14 Juli 2019, pukul 08.00 WIB di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, dengan acara Pengarahan Bupati Tuban beserta jajaran Forkopimda guna membantu penyelesaian konflik kepengurusan secara musyawarah dan mufakat oleh umat TITD.

"Pemerintah Kabupaten Tuban berencana memfasilitasi pertemuan umat Tri Dharma di Pendopo Kridho Manunggal Tuban pada 14 Juli 2019 hari minggu jam 08.00, sifat pertemuan ini hanya untuk silaturrahmi seluruh umat," kata Kepala Kesbangpol Tuban, Didik Purwanto saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Sementara itu, Ketua Penilik Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Alim Sugiantoro menegaskan rencana Pemkab itu untuk memfasilitasi pertemuan itu hanya untuk bersilaturrahmi bukan lebih.

"Kalau pertemuan itu hanya untuk bersilaturrahmi silahkan. Namun harusnya tidak di sana (Pendopo), dan kalau lebih dari silaturrahmi itu kan namanya pembohongan publik," ujar Alim melalui sambungan telepon.

Dia juga menyampaikan apa maksud dari Pemkab Tuban memfasilitasi pertemuan umat Tri Dharma di Pendopo Kridho Manunggal. Menurutnya, jika pertemuan itu lebih dari silaturrahmi maka pemkab salah karena ini adalah urusan internal pengurus klenteng.[hud/ito]