12:00 . Ini 4 Kemampuan yang Harus Dimiliki Anak di Era Disrupsi   |   11:00 . Harus Bangkit, Persatu Tuban Berada di Dasar Klasemen   |   10:00 . KSM, Bukti Siswa Madrasah Tak Hanya Unggul di Bidang Imtaq   |   09:00 . Panpel: Ronggomania, Brajamusti dan TSL Rukun Sebelum Ada Provokasi   |   08:00 . Debut Perdana Aji Santoso Sukses Rebut 3 Poin di Kandang Persatu   |   07:00 . Mengapa Selalu Lapar Menjelang Tidur Malam ? Ini Sebab Paling Berbahaya   |   18:30 . Mobil Pemilik Saham Klub Persatu Penyok Kena Batu   |   18:00 . Pelatih Persatu Tuban Siap Mundur   |   17:00 . Suporter Ricuh, Pertandingan Persatu Vs PSIM Dihentikan   |   16:30 . Tendangan Gonzales Ubah Skor Tuban Vs PSIM 0-2   |   16:00 . Persatu Tertinggal 0-1 dari PSIM di Babak Pertama   |   12:00 . Pertamina Gandeng 5 PTN Perkuat Pengembangan Operasional Kilang Nasional   |   11:00 . Tes Urin untuk Pengantin, Kemenag Tunggu Petunjuk Tertulis   |   08:00 . Kecewa dengan Performa Persatu, Ronggomania Minta Ganti Pelatih   |   07:00 . Mau Naik Haji? Periksa Kesehatan Ini Sebelum Berangkat   |  
Sun, 21 July 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 12 July 2019 14:00

Berantas Tengkulak, BUMDes Ini Siap Beli Gabah Petani

Berantas Tengkulak, BUMDes Ini Siap Beli Gabah Petani

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Keberadaan tengkulak memiliki dua mata sisi bagi petani. Satu sisi mampu menyediakan modal awal, dan di sisi lain mampu mengontrol harga hasil panen petani sesuai keinginannya.

Dari kondisi tersebut, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mandiri Sejahtera Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, ingin menjadi lumbung padi desa. Sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Setelah melalui beberapa tahapan, hari ini produk beras dari BUMDes Socorejo sudah bisa dinikmati dan akan dijual untuk masyarakat sekitar.

Kepala Desa Socorejo, Arief Rahman Hakim mengatakan, dengan harga per 10kg Rp93.000, beras kelas medium ini juga akan dipakai untuk program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang tiap bulan dibagikan untuk masyarakat.

"BUMDes akan membeli padi hasil tani masyarakat Socorejo dengan harga yang lebih baik dari tengkulak," ucap Kades Arief ketika dihubungi blokTuban.com, Jumat (12/7/2019).

Kang Arief menambahkan, wilayahnya memiliki tiga tipe sawah. Mulai sawah irigrasi 1/2 teknis seluas 158 hektare, sawah tadah hujan 27 hektare, dan sawah pasang surut 58 hektare. Jika kebutuhan air tercukupi, per hektar bisa menghasilkan 1,5 ton beras.

Lebih dari itu, kebutuhan beras untuk BPNT Socorejo per bulan mencapai 1,2 Ton. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, BUMDes bakal bekerjasama dengan Gapoktan maupun Poktan untuk mengoptimalkan hasil panen petani setempat.

"Jadi untuk BPNT saja BUMDes bisa nyerap 1,2 ton per bulan," terang alumnus PMII Yogyakarta ini.

Data blokTuban.com menyebutkan, untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Socorejo ada sekitar 186 KK Non PKH. Sedang untuk penerima PKH sebanyak 126 KPM.

Bagi keluarga Pra Sejahtera mulai tengah tahun 2018 telah menerima BPNT sebesar Rp110.000/bulan. Program yang dulu bernama Program Raskin (Beras Miskin) atau Rastra ini, bertujuan meningkatkan ketahananan pangan keluarga miskin supaya kehidupannya semakin layak. [ali/rom]

Tag : desa socorejo, bumdes, gabah, beras, padi, petani tuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more