Si Jago Merah Lalap 2 Kambing di Kanorejo

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kebakaran kembali terjadi di Desa Kanorejo, Kecamatan Rengel. Kali ini, si Jago merah melalap sebuah kandang Kambing milik Mujtahidin (49).

Berdasarkan penuturan salah satu tetangga dekat, Yani mengatakan jika kejadian tersebut terjadi sekira pukul 10.40 WIB. Api muncul dari sebuah tungku yang dipakai untuk mengolah aking.

"Bukan konslet ataupun tabung LPG meledak, kebakarannya karena tungku masak yang dialasi dengan Seng. Posisinya tungku dekat bonggol jagung kering yang mudah kebakar," katanya.

Ditambahkannya lagi, saat kejadian dan api membesar, warga lebih dulu memadamkan api dengan peralatan dan air dari pompa mesin seadanya.

Sementara itu, tim Damkar BPBD Tuban Pos Rengel juga membenarkan bahwa api berasal dari kompor dekat kandang Kambing, yang saat itu dipakai untuk menggoreng aking atau sisa nasi.

Nahas, pegawai yang ditugaskan menjaga tungku malah panik dan bergegas meninggalkan kandang, ketika api mulai membesar.

"Dari tungku, kan sedang masak aking untuk dijadikan makanan ternaknya," papar salah satu tin Damkar BPBD Tuban Pos Rengel, Rizki usai melakukan pembasahan di Kanorejo, RT/RW 07/04 Kecamatan Rengel, Senin  (8/7/2019).

Dari kejadian itu, 1 unit kandang Kambing milik Mujtahidin mengalami rusak ringan. Akan tetapi, 2 ekor kambing miliknya harus direlakan hangus terpanggang bersama kobaran api.

"Tadi ditungguin sama orang, tapi pas kebakar dan api membesar, dia malah lari panik. Untung saya tahu dan langsung ke kandang, memadamkan api bersama warga," ujar pemilik kandang Kambing yang biasa akrab disapa Udin itu. [feb/ito]