Nasib Pedagang DVD di Tuban, yang Mulai Tersisihkan

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Melesatnya perkembangan teknologi dari tahun ke - tahun, dengan berbagai macam bentuk dan kegunan dalam sehari - hari, membuat, DVD dan CD semakin sepi peminatnya.

Hal tersebut yang dirasakan,  salah satu penjual DVD dan CD yang berlokasi di pintu keluar sebelah selatan  pasar baru Tuban. Massubeli (40) asal Kelurahan Sidorejo,  Kecamatan Tuban. Ia menceritaan mulai berjualan sekitar tahun 2010-an.

"Kira - kira sudah 10 tahunan,"ungkap Massubeli, Sabtu(6/7/2019).

Ia menjelaskan, sejak tahun 2016 penjualan DVD dan CD mengalami penurunan yang drastis. Hal tersebut dikarenakan, masyarkat mulai beralih ke tontonan Youtube. 

"Youtube kan bisa diakses di mana - mana,"ungkapnya.

Dari 6 pedagang yang berjualan DVD dan CD di pasar baru Tuban,  saat ini  tinggal dua pedagan yang masih bertahan berjulan. "Tinggal dua, termasuk saya yang masih berjulan," lanjutnya saat ditemui di lapaknya. 

 Lebih lanjut, setiap satu keping DVD dan CD ia jual seharga Rp. 10 ribu sampi  Rp. 60 ribu. Dulu, sebelum ada gempuran youtube, dalam sehari ia mampu menjual 30 sampi 40 keping DVD dan CD,  sedangkan saat ini dalam sehari hanya 3 sampi 5 keping. 

"Alhamdulillah setiap hari masih dapat penghasilan,"tandasnya. [nid/ito]