Assesment Lokasi Kekeringan Binangun, Begini Hasil Kajian BPBD Tuban

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Menindaklanjuti surat Camat Singgahan pertanda 2 Juli 2019 kemarin, tentang bencana alam kekeringan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban hari ini melakukan assesment ke lokasi Desa Binangun, Kecamatan Singgahan.

BPBD Tuban melalui Tim Jitupasna bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi (RR), melajukan assesmen ke lokasi yang disinyalir terdampak bencana alam kekeringan, bersama pihak Pemerintah Kecamatan Singgahan berikut Pemerintah Desa setempat.

"Berdasarkan hasil assesmen di lapangan, diperoleh data bahwasannya daerah Desa Binangun, tepatnya Dusun Punten belum layak di didistribusikan air bersih," ujar Tim Jitupasna BPBD Tuban, Frendi Setiawan kepada blokTuban.com, Rabu (3/7/2019).

Dijelaskannya lagi, keadaan di Dusun Punten, Desa Binangun Belum layak untuk di distribusi air bersih, sebab masih terdapat cukup air. Meskipun debit air mengalami pengurangan.

"Pertimbangannya adalah jarak sumber air ke penduduk 3 km atau lebih. Sumur atau sumberan di Dusun Punten tidak sejauh itu. Meskipun ada penyusutan debet sumber air, tapi masih cukup," pungkasnya. [feb/ito]