Money Politik Pilkades Dihandle Polres

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pilkades sama halnya dengan Pilkada, Pileg, maupun Pilpres tidak pernah lepas dari money politik. Jika di Pilkada, Pileg, maupun Pilpres ada pengawas Pemilu, lain halnya dengan Pilkades yang tidak ada pengawasnya.

Menyikapi politik uang, Polres Tuban yang akan menghandle langsung. Kapolres AKBP Nanang Haryono berjanji akan menindak oknum yang bermain politik uang di Pilkades.

Laporan masyarakat akan ditampung polisi kemudian ditindaklanjuti. Jika petugas kedapatan pelaku politik uang, pasti diproses sesuai peraturan yang berlaku.

"Mereka akan kita sanksi pidana sesuai regulasi," kata Kapolres Nanang kepada blokTuban.com di Pendopo Krida Manunggal, Senin (1/6/2019).

Setiap desa yang menggelar Pilkades akan dijaga ketat oleh petugas gabungan, dengan formasi 2-2-1 dengan satu Polri ada yang 3-2-1 dengan dua Polri. Setiap tindakan inkonstitusional akan diproses.

"Sesuai tingkat potensi kerawanan di tiap desa yang menggelar Pilkades," tegas Kapolres kelahiran Bojonegoro ini.

Polres Tuban bakal mengerahkan 2.500 personil gabungan dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP dan organisasi masyarakat lainnya. Tugas mereka menjamin keamanan, dan memastikan Pilkades tanpa ganguan pada 10 Juli mendatang di 273 desa.

Tak menutup kemungkinan, Tuban akan meminta bantuan keamanan dari Polres Bojonegoro maupun Gresik untuk menjaga kondusifitas Pilkades. Hal itu telah dibahas dalam rapat koordinasi bersama Polda waktu lalu.

Salah satu kerawanan di Pilkades muncul, karena melibatkan tokoh-tokoh di wilayah setempat sehingga gesekan sangat besar terjadi. Berbeda jauh dengan Pilkada, Pileg, maupun Pilpres. [ali/ito]