Mahasiswa Kurang Mampu Bidikmisi UT Terkena Pungutan Diknas?

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kabar kurang sedap dari dunia pendidikan di Tuban. Sejumlah mahasiswa kurang mampu dikabarkan terkena pungutan oknum Dinas Pendidikan (Diknas) Tuban saat mencairkan beasiswa program Bidikmisi Universitas Terbuka (UT).

Informasi yang diterima blokTuban.com, Minggu (30/6/2019) pagi, ada sekitar 25 mahasiswa asal Tuban dan Bojonegoro yang terkena pungutan. Mereka berasal dari semester 4 Universitas Terbuka jurusan Administrasi Negara.

Salah satu mahasiswa UT asal Tuban, SK menjelaskan, nilai beasiswa bidikmisi untuk mahasiswa tidak mampu sebesar 4.150.000 untuk setiap satu semester. "Dari nilai itu, satu anak dipungut 600 ribu," jelas SK.

Mahasiswa lain, MF, juga mengungkapkan hal sama. Dia belum mengetahui peruntukan pungutan yang dibebankan kepada mahasiswa kurang mampu penerima beasiswa bidikmisi.

"Jadi yang semester 4 sekitar 25 anak itu semuanya dipungut 600 ribu. Semestinya satu anak bisa dapat 4,1 juta persemester karena untuk biaya hidup selama kuliah juga," terang MF.

Dikonfirmasi, Sekretaris Dinas Pendidikan, Witono, akan meminta informasi utuh dari Bidang Ketenagaan yang menangani bidikmisi mahasiswa ini.

"Kalau dipotong sepertinya tidak, karena uang langsung masuk ke rekening mahasiswa," jelas Witono.

Baca juga: [Kadisdik Beri Keterangan Berbeda Soal Pungutan]

Kalau apa, diduga uang itu dipergunakan untuk mendatangkan tutor, perjalanan dan berbagai keperluan lain. Selain itu, Witono berjanji akan memberikan informasi lebih detail mengenai kabar ini. [ali/ito]