Intip Honor Volunteer Tuban di Porprov VI Jatim

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban sebagai salah satu tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jatim 2019 telah mengerahkan 163 relawan atau volunteer dan Liaison Officer (LO). Mereka telah dikukuhkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Diaparbudpora) Tuban pada Kamis, (27/06/2019).

Selama Porprov VI berlangsung pada 6-13 Juli, volunteer mudah dikenali oleh masyarakat. Ciri khasnya relawan mengenakan seragam Porprov VI yang ada gambar Maskot Si Lawe, serta Id Card Volunteer. 

Kadisparbudpora Tuban, Sulistiyadi, menyampaikan agar semua relawan bekerja dengan maksimal dan sesuai Tupoksi masing-masing. Semua LO saat bertugas bisa menunjukan budaya dan tradisi khas Tuban, sehingga nama Tuban bisa semakin dikenal oleh seluruh kontingen dan masyarakat diseluruh Provinsi Jatim.

“Kalau bisa sekalian tunjukan budaya dan ciri khas Tuban kepada kontingen, jadi mereka biar semakin mengenal Tuban,” Ucap Didit sapaan akrab Kadisparbudpora. 

Koordinator Volunteer, Kabid Kepemudaan Disparbudpora Tuban, Listyo Utomo, mengatakan, bahwa jumlah relawan Porprov bertambah menjadi total 163 orang dari sebelumnya sejumlah 120 orang.

“Awalnya hanya 120 orang, tapi ternyata respon dari masyarakat sangat besar dengan even Porprov ini, jadi kita tambah lagi,” terang Listyo.

Semua relawan ini berasal dari berbagai komunitas, kelompok, mahasiswa dan juga pegawai di wilayah Kabupaten Tuban. Tugasnya seperti Guide yang menunjukan dan memberikan informasi terkait pelaksanaan Porprov Jatim selama di Tuban.

"Semua relawan bisa memberikan kesan yang baik kepada peserta Porprov, sehingga Tuban bisa menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara yang sukses meneyelenggarakan Porprov Jatim," tambahnya. 

Mmbincang volunteer kurang afdhol kalau tak mengintip honornya. Semua volunteer dipastikan sudah menerima gaji awal baik untuk honor, pulsa, dan BBM selama 7 hari pertama kerja. Selebihnya dilunasi setelahnya. 

Bocoran para volunteer, satu harinya dapat pulsa Rp5 ribu, kemudian BBM Rp10 ribu. Di samping itu, setiap hari para volunteer juga dapat gaji Rp94.000. Soal makan relawan juga sudah disiapkan, sepekan dijatah Rp157 ribu. [ali/col]