PPDB Offline SMP Dibuka, Berikut Dua Jalur yang Tersedia

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com -  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tuban, jalur offline sudah dibuka. Berikut 2 pilihan di jalur offline.

Kepala Bidang (Kabid) SMP, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Tuban, Sutarno mengatakan, PPDB tingkat SMP jalur offline sudah dibuka mulai Senin (24/6/2019) sampai Kamis besok (27/6/2019). 

"Untuk jalur online akan dibuka, Senin depan tepatnya tanggal 1 Juli 2019," ungkap Sutarno 

Ia menjelaskan, ada dua pilihan di jalur offline. Pertama, jalur prestasi kuota, sebanyak 15 persen dari jumlah pagu atau jumlah siswa yang diterima di setiap sekolah.  

Dalam jalur prestasi tersebut, dibagi lagi menjadi tiga pilihan di antaranya, nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang baik dengan kuota sebanyak 50 persen. Kejuaraan yang berjenjang kuota sebanyak 30 persen dan Hafidz Quran kuota sebanyak 20 persen. 

"Hafidz Quran minimal harus hafal 3 jus," ungkapnya.  

Selain itu,  peringkat 1 sampai 20 nilai USBN tertinggi se-Kabupaten Tuban bisa mendaftar di seluruh Kabupaten Tuban melalui jalur Prestasi. Jika tidak memenuhi jalur prestasi maka siswa hanya bisa mendaftar di SMP yang ada di zona atau tempat tinggal calon siswa tersebut.  

"Hanya yang mendapatkan peringkat se-Kabupaten saja bisa mendaftar di seluruh wilayah," tuturnya kepada blokTuban.com.

Lebih lanjut adapula jalur perpindahan tugas orang tua, dengan kuota 5 persen dari jumlah pagu. Khusus jalur ini diprioritaskan anak dari penjabat negara yang sering berpindah-pindah seperti tentara, polisi dan jaksa. Selanjutnya, PNS, pegawai BUMN dan BUMD. 

"Harus disertakan surat tugas yang asli," tandasnya. 

Di tempat yang terpisah, Ani (36) warga Kelurahan Perbon mengatakan, mencoba-coba mendaftarkan anaknya melalui jalur prestasi di SMP Negeri 3 Tuban. Selain jarak rumahnya dekat juga nilai USBN anaknya lumayan bagus.

"Besok kalau tersisihkan, ikut PPDB online," ungkap Ani. [nid/lis]