13:00 . Besok Kemenag Tuban Gelar Manasik Haji Massal   |   12:00 . Ini 4 Kemampuan yang Harus Dimiliki Anak di Era Disrupsi   |   11:00 . Harus Bangkit, Persatu Tuban Berada di Dasar Klasemen   |   10:00 . KSM, Bukti Siswa Madrasah Tak Hanya Unggul di Bidang Imtaq   |   09:00 . Panpel: Ronggomania, Brajamusti dan TSL Rukun Sebelum Ada Provokasi   |   08:00 . Debut Perdana Aji Santoso Sukses Rebut 3 Poin di Kandang Persatu   |   07:00 . Mengapa Selalu Lapar Menjelang Tidur Malam ? Ini Sebab Paling Berbahaya   |   18:30 . Mobil Pemilik Saham Klub Persatu Penyok Kena Batu   |   18:00 . Pelatih Persatu Tuban Siap Mundur   |   17:00 . Suporter Ricuh, Pertandingan Persatu Vs PSIM Dihentikan   |   16:30 . Tendangan Gonzales Ubah Skor Tuban Vs PSIM 0-2   |   16:00 . Persatu Tertinggal 0-1 dari PSIM di Babak Pertama   |   12:00 . Pertamina Gandeng 5 PTN Perkuat Pengembangan Operasional Kilang Nasional   |   11:00 . Tes Urin untuk Pengantin, Kemenag Tunggu Petunjuk Tertulis   |   08:00 . Kecewa dengan Performa Persatu, Ronggomania Minta Ganti Pelatih   |  
Sun, 21 July 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 26 June 2019 13:00

Blangkon Brongkos Wangon, Jadi Seragam Dinas Tiap Rabu

Blangkon Brongkos Wangon, Jadi Seragam Dinas Tiap Rabu

Reporter: M.Anang Febri

blokTuban.com - Pernah dengar kata Brongkos Wangon? Atau Beteng Mereng? Sudah pasti ada yang tahu, juga tak sedikit yang asing akan sebutan ikat kepala khas Tuban ini. 

Ya, ikat kepala atau blangkon, juga familiar dengan sebutan 'udeng' di sebagain besar wilayah Kabupaten Tuban, rupanya menjadi bagian spesial dari identitas orang-orang dinas di area Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Tuban.

"Kalau Banyuwangi punya pakaian adat Jebeng Tole, Tuban ada Brongkos Wangon," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disparbudpora Kabupaten Tuban, Sumardi kepada blokTuban.com, Rabu (26/6/2019).

Lebih lanjut, lelaki yang akrab disapa Mardi itu menjelaskan, pakaian adat Banyuwangi jenis kebaya dipakai khusus setiap hari Selasa, mulai dari anak-anak usia Sekolah Dasar sampai orang pemerintahan.

Sedang di Tuban, sambungnya, khusus hari Rabu seragam dinas mengenakan kemeja putih bawahan hitam, lengkap dengan blangkon Brongkos Wangon sebagai udeng atau ikat kepala.

"Mulai apel pagi sampai sore digunakan terus. Harusnya begitu, saya juga pakai," tuturnya.

Kendati begitu, Blangkon Beteng Mereng yang istilah selatan Tuban terkenal dengan namanya Brongkos Wangon tersebut belum banyak digunakan pada kantor-kantor dinas lain.

Padahal, seharusnya semua kantor dinas menggunakan Brongkos Wangon setiap hari Rabu sebagai seragam dan identitas Tuban. Mulai apel pagi, hingga jam kerja usai.

Jika diterapkan secara tertib, tak menutup kemungkinan kebudayaan tersebut bakal melekat sampai generasi-generasi muda, lebih khususnya anak-anak sekolah.

Di samping Brongkos Wangon, ada beberapa Udeng khas Tuban yang mestinya dikenal masyarakat lokal, seperti Udeng Layaran, Tutup Masin, dan Blarak Sempal. [feb/lis]

Tag : blankon, dinas, baju

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more