Sejenak Tinggalkan Gadget, 60 Anak Ikuti Festival Dolanan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Gadget atau ponsel pintar sudah menjadi pegangan setiap saat bagi semua kalangan masyarakat tak terkecuali anak-anak. Kondisi berbeda dengan apa yang terlihat di Pujasera Kawasan GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban, Minggu (13/6/2019). 

Kurang lebih 60 anak TK dan SD tengah asyik mengikuti festival dolanan. Berjam-jam mereka nampak serius memainkan permainan tradisional bersama timnya. 

"Anak-anak kami ajak main dakon, bola bekel, hulahop, dan mewarnai layang-layang yang intinya menekankan kerja sama tim juga," ucap Ketua Festival Dolanan, Mansyur didampingi anggotanya Kristin Tri Lestari. 

Mansyur mengatakan festival dolanan ini dalam rangka pengabdian kepada masyarakat Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow Tuban). Dimana festival yang melibatkan anak-anak didanai oleh Kemenristek Dikti.

Sementara, Kristin menambahkan ide festival dolanan ini muncul, karena pihaknya ingin mengenalkan dolanan tradisional kepada anak-anak yang sekarang sudah tergeser dengan adanya gadget.

Rangkaian pengabdian dalam satu tahun kedepan akan ada festival dolanan, pembuatan taman dolanan anak, workshop dolanan, dan ditutup dengan olimpiade dolanan. 

"Ini baru langkah pertama, minggu depan ada pembuatan taman dolanan," terangnya. 

Salah satu peserta festival dolanan ini, Anastasia Hana Maura merasa sangat senang. Karena bisa bermain dengan teman-teman sebayanya. 

"Seru mainnya karena ramai-ramai," tutupnya. [ali/col]