Hari Narkotika Internasional, Bupati: Stop Konsumsi Narkoba!

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Kabupaten Tuban, Bupati Fathul Huda mengajak warganya perang melawan Narkoba dan turunannya. Pihaknya juga menghimbau bagi warga Bumi Wali yang sudah kecanduan bisa merehab di kantor Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tuban. 

"Bagi yang sudah terkena saya imbau rehabilitasi di BNNK Tuban dan itu geratis," kata Bupati Huda di lapangan Watu Gajah, Semanding, Tuban, Minggu (23/6/2019).

Bupati dua periode itu membeberkan, pencegahan penggunaan dan pengedaran Narkoba menjadi tanggung jawab semua pihak, utamanya dari lingkungan keluarga. Sebab, jika sudah terkena penyembuhannya sulit. 

"Narkoba bisa menyerang siapa saja. Tidak peduli dia orang biasa, kiai, maupun ilmuan. Contohnya sudah ada," tandasnya. 

Di kesempatan yang sama, Kepala BNN Provinsi (BNNP) Jawa Timur (Jatim), Brigadir Jendral Polisi (Brigjen Pol) Bambang Prihambadha memaparkan ciri-ciri anak yang terkena narkoba. Secara kasat mata yaitu perubahan perilaku.

"Ciri-ciri yang paling mendasar, anak biasanya berpenampilan rapi berubah jadi amburadul. Selain itu ada ciri-ciri lain yang tidak pernah dilakukan anak seperti keseringan menggigil, bergerak, sering mengunyah, dan masih banyak lagi. Itu ciri mengkonsumsi narkoba," terangnya panjang lebar. 

Diketahui, peringatan HANI di Tuban digelar di lapangan Watu Gajah, Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Tuban. Kegiatan ini dikemas dengan acara jalan sehat dan deklarasi perang melawan Narkoba. [rof/col]