Buat Aeromodelling Tak Sampai Rp1 Juta? Begini Caranya!

Reporter:  M. Anang Febri

blokTuban.com - Pesawat remote control (RC) jenis aeromodelling, rupanya bisa kita buat secara homemade alias buatan sendiri. Bahkan, untuk membuatnya tak perlu mengeluarkan uang lebih dari Rp1 juta. 

Salah satu penghobi dari komunitas drone, Djamaludin Arif yang gemar mengemudikan aeromodelling jenis F-22 Raptor, menuturkan bagaiman kiat rinci membuat pesawat sesuai keinginan sendiri.

"Ini aeromodelling tipe Jet, homemade, buatan sendiri pakai 3 channel," buka Arif sembari menunjukkan aeromodelling kepunyaannya.

Tiga channel tersebut, lanjutnya, meliputi Elevator, Throttle, dan Aileron. Ketiga channel itu memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing, yang mana digunakan untuk kendali radio ke pesawat aeromodelling nanti.

Seperti channel Elevator yang merupakan kemudi angkat ataupun sistem elevasi, channel Throttle guna akselerasi kecepatan, serta Aileron yang menjadi radio supaya pesawat bisa berguling, melakukan putaran tornado, dan rolling.

Selanjutnya, channel tersebut disalurkan pada 2 servo penggerak. Dua servo disetting ke channel antara Elevator dan Aileron. Namun, bisa juga digunakan menjadi satu, bisa Elevator maupun Aileron.

"Motor, pakai Emax jenis 2280 kilovolt. Kalau digabungkan semua, total pembuatannya sekitar 800 ribu," tutur lelaki asal Balen-Bojonegoro yang kini beristri perempuan seputaran Tuban kota.

Adapun rincian harga beberapa komponen, seperti Elevator sekitar Rp150.000, komponen ESC sekitar Rp150.000, servo masing-masing berharga antar Rp100.000 hingga Rp120.000, dengan part receiver lain yang tak sampai ratusan ribu.

Soal kit atau body pesawat, tergantung selera pembuat. Bisa di desain dari pipa PVC, maupun serat karbon, "Kalau bodi sih bahan apa saja cukup awet, asal gak kena air dan benturan keras saja. Toh buat bodi juga gampang, murah kok," pungkasnya kepada blokTuban.com. [feb/lis]