Disparbudpora: Ada Strategi Khusus untuk Tarik Wisatawan

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Dalam rangka mendukung kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (Porpov) Jawa Timur (Jatim) ke-VI. Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, menghimbau kepada pengelola obyek wisata untuk berbenah dan juga telah mempersiapkan strategi khusus untuk menarik wisatawan.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata,  Disparbudpora Tuban, Suwanto mengatakan, dalam rangka mendukung Porpov, Disparbudpora Tuban telah melakukan himbauan kepada seluruh pengelola obyek wisata untuk berbenah, dan juga meningkatkan kualitas sarana dan prasarana, pengelolaan serta pelayanan wisatawan.

"Hal ini untuk mengangkat dan mempromosikan obyek wisata kita, kepada semua kontingen yang berkunjung ke Tuban," ungkap Suwanto.

Selain itu, bidang Pariwisata Disparbudpora sendiri juga telah menyiapkan beberapa kegiatan diantaranya, pembuatan dan pemasangan rambu penunjuk arah obyek wisata yang dipasang di ruas jalan strategis dan pusat kota. Juga pembuatan peta wisata terbaru yang sudah didistribusikan kepada hotel, rumah makan dan pusat konsentrasi wisatawan.

"Sudah kita distribusikan ke tempat-tempat yang berpotensi dikujungi wisatawan," ungkap beliau kepada blokTuban.com.

Lebih lanjut, pembuatan booklet dan leaflet destinasi wisata, pameran promosi wisata pada acara pembukaan di Lamongan dan di Stadion Bumi Wali selama kegiatan.

"Juga saat acara penutupan Porprov yang kebetulan dipusatkan di Tuban," ungkapnya.

Dan juga, kata Suwanto, menyediakan layanan gratis Tour Wisata dalam Kabupaten Tuban untuk 50 orang perwakilan kontingen se-Jawa Timur, lokasi yang dikunjungi beberapa obyek strategis yang bisa dijangkau dalam 1 hari. Mulai jam 08.00 pagi sampai jam 16.00 Wib.

"Kendaraan, makan, minuman dan masuk obyek wisata untuk peserta trip gratis," tandasnya. [nid/rom]