Ternyata Dulu Ada 3 Bioskop di Tuban

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Dahulunya pada tahun sekitar 1970 sampai tahun 2002 di Kabupaten Tuban  ternyara ada gedung bioskop. Bahkan tak hanya satu, tapi ada tiga sekaligus.

Yang pertama gedung bioskop pusaka teater yang berlokasi di Jalan Panglima Sudirman. Kedua gedung bioskop Tuban teater yang lokasinya tepat di depan gedung bioskop pusaka teater, dan yang ketiga gedung wahyu teater berlokasi di Jalan  Basuki Rahmad.

Salah satu mantan operator gedung bioskop pusaka teater, Suhariono (68) mengatakan, ia mulai bekerja menjadi operator pusaka teater sejak tahun 1971 tahun.

"Kalau berdirinya tidak tau kapan pastinya," ungkap Suhariono.

Beliau menjelaskan, dulunya bioskop pusaka teater terdiri dari dua kelas, kelas satu atau VIP harga tiket Rp1.500 dan kelas dua atau leguler harga tiket Rp750. Dan mulai beroperasi pada pukul 17.00 WIB sampai 21.00 WIB.

"Kalau malam minggu ada meet night sampai jam 12.00 malam," tutur beliau mengenang masa itu.
 
Lebih lajut, sekitar tahun 2000-an bioskop pusaka teater mulai mengalami kemunduran dan berhenti beroperasi pada tahun 2002.

Hal tersebut, kata Suhariono, dikarenakan mulai banyakanya masyarakat yang mempunyai televisi dan mulai bermunculan kaset atau DVD/VCD.

"Pengujung mulai sepi, karena sudah banyak yang mempunyai televisi dan DVD," tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan mantan penjaga karcis gedung bioskop wahyu teater, Cicik (65), bioskop wahyu teater mulai beroperasi pada tahun 1974. "Pada tahun 1974 saya belum berkerja di sana, saya mulai bekerja pada tahun 1980-an," ungkap Cicik.

Ia menambahkan, pada tahun 1994 gedung bioskop tersebut mulai sepi pengujung, hal itu karena mulai banyak masyarakat yang mempunyai televisi dan juga mulai banyak bioskop keliling di desa-desa.

"Tahun 1994 tutup karena sepi dan omset turun terus-menerus," tandasnya. [nid/rom]