18:00 . Situs Petilasan Sunan Kalijaga di Desa Menilo   |   17:00 . Pentingnya Toleransi Beragama Ditanamkan Sejak Dini   |   16:00 . Gathering Bersama Jurnalis, KPU Tuban Sampaikan Tahapan Pemilukada 2020   |   15:00 . Ada 1001 Wifi Gratis untuk Warung Kopi, Begini Cara Dapatnya   |   14:00 . Dorong UMKM Jatim Naik Kelas, Pertamina Salurkan Modal Usaha dan Beri Pelatihan   |   13:00 . Pekerjaan Jasa di TPPI Wajib Sediakan Safety Man   |   11:00 . TPPI Bekali 20 Pemuda Jenu K3 Teknis Scafolding   |   07:00 . Mengenal Jumlah Kebutuhan dan Manfaat Air Putih untuk Si Kecil   |   17:00 . Berkah Salat Dhuha, Guru TPQ ini Bisa Dapat Hadiah Umroh   |   16:00 . Bayi Penderita Kelainan Usus Akhirnya Meninggal   |   15:00 . Pentingnya Toleransi Beragama Ditanamkan Sejak Dini   |   14:00 . Perhatian Pemkab Tuban ke TPQ Diungkap di Hadapan 7000 Guru   |   13:00 . Tahun Ini Gaji Guru TPQ Naik 100 Persen   |   12:00 . Polres Tuban Raih Penghargaan Kategori Pelayanan Prima Dari Kemenpan-RB   |   11:00 . UMK Tuban Rp2,5 Juta, Begini Sikap Serikat Pekerja Nasional   |  
Sat, 23 November 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 20 June 2019 11:00

82 Masjid ber-SK Belum Lapor Baznas

82 Masjid ber-SK Belum Lapor Baznas

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dalam sosialisasi Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) dan halal bihalal, Baznas Kabupaten Tuban membocorkan masih banyaknya masjid yang sudah ber-SK tapi masih belum laporan ke Baznas. 

Ketua BAZNAS Kabupaten Tuban, Siti Syarofah meminta para pengelola masjid, yang masjidnya sudah di SK-kan untuk menjadi UPZ BAZNAS. Tahun ini UPZ masjid yang sudah di SK kan sebanyak 95, akan tetapi laporan yang masuk ke BAZNAS baru sekitar 13. 

"Untuk itu saya mohon dengan hormat para pengelola masjid supaya segera memberikan laporannya kepada BAZNAS," ucapnya, Kamis (20/6/2019).

Syarofah berterimakasih pada Pemkab Tuban atas semua fasilitas yang dalam perjalanan pengelolaan zakat di Kabupaten Tuban menunjukkan kemajuan yang baik, berdasarkan data yang ada di Baznas.

Pada 5-6 tahun yang lalu Baznas maupun lembaga amil zakat masih berjalan sendiri-sendiri. Bahkan lembaga amil zakat lebih dikenal masyarakat. Sehingga potensi-potensi zakat masih belum terdeteksi sama sekali pada saat itu. 

"Dengan adanya aturan yang dibentuk pemerintah melalui undang-undang Baznas ditunjuk sebagai koordinator dalam pengelolaan zakat di Indonesia," terangnya. 

Ketua PC Muslimat NU Tuban ini menuturkan, terkait dengan penerimaan zakat di BAZNAS semakin tahun semakin meningkat. Pada  tahun 2019 memperoleh  9,5 Milyar. 

Ini semua, kata dia, berkat kerja keras antara pengelola maupun pelaksana UPZ-UPZ Baznas di Kabupaten Tuban. Bagi para pelaksana yang sudah mensosialisasikan BAZNAS ke OPD-OPD yaitu kepada para ASN, perolehan zakat mulai meningkat pada tahun 2018. 

Sekretaris BAZNAS Tuban, Eko Julianto menambahkan, salah satu terobosan yang dilakukan oleh BAZNAS di bidang pendidikan. Yakni beasiswa untuk keluarga yang kurang mampu yang juga menjadi relawan baznas.

menurut mantan Camat ini, BAZNAS Tuban ini berbeda dengan BAZNAS-BAZNAS di kota-kota lain. Sebab, apapun yang dilakukan oleh BAZNAS ini di topang oleh pemkab. Dia berharap kondisi ini terus dilanjutkan, dengan harapan nantinya bisa mencapai target yang di inginkan.

“Mari kita wujudkan merajut kebersamaan menuju kebangkitan sadar kehidupan. Karena potensi begitu besar, jika kita berjalan sendiri-sendiri tidak akan bisa memberikan efek yang baik bagi kemaslahatan warga Kabupaten Tuban,” imbuhnya.

Eko berharap, untuk UPZ masjid agar terus ditingkatkan karena nantinya apabila UPZ masjid secara administrasi tertata dengan bagus, maka Kabag Kesra ini menjanjikan ke depan program-program BAZNAS akan disalurkan kepada UPZ masjid.

“Penilaian kami, UPZ Masjid adalah UPZ yang paling dekat dengan masyarakat sehingga sangat efektif," pungkasnya. [ali/ono]

 

 

Tag : zakat, baznas, upz, pemkab, tuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more