Problematika Penerapan Sistem Zonasi PPDB 2019

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Salah satu tantangan yang dihadapi saat ini adalah kebijakan zonasi yang ditetapkan pemerintah pusat. Kebijakan ini bertujuan untuk pemerataan siswa di seluruh wilayah agar tidak terpusat di wilayah perkotaan saja. 

Dalam penerapannya sistem zonasi ini memiliki permasalahan. Salah satunya adalah siswa tidak dapat melanjutkan jenjang pendidikannya di kota yang notabene memiliki fasilitas yang lebih lengkap. 

"Penerapan sistem zonasi secara tidak langsung menurunkan daya siswa untuk berprestasi. Oleh karena itu, perlu evaluasi terkait penerapan sistem zonasi," ucap Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein, Rabu (19/6/2019).

Politisi asal Rengel ini menyatakan, sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 untuk pemerataan pendidikan. Melalui sistem itu diharapkan bakal terjadi pemerataan kualitas pendidikan. 

Wabup dua periode ini berharap, penerapan zonasi dilakukan secara bertahap, sehingga wali murid dapat lebih bersiap ketika akan mendaftarkan anaknya. [ali/lis]