Ini Bahasan Konferensi Kepala Desa Se-Kecamatan Soko

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sebagai salah satu program rutin yang dilakukan oleh 3 pilar Kecamatan Soko, hari ini Pemerintah Kecamatan Soko mengadakan konferensi Kepala Desa Se-Kecamatan Soko yang dipusatkan di aula Balai Desa Simo, Kecamatan Soko.

Camat Soko, Suwito SH mengungkapkan, bentuk dari kegiatan anjangsana yang setiap bulan dilakukan ini, membahas sejumlah evaluasi penting dari pada pemerintahan desa yang ada di Kecamatan Soko.

Terlebih lagi, masa-masa saat ini tengah berlangsung tahapan Pilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak disebagain besar wilayah Kabupaten Tuban. Pihaknya meminta agar pelaksanaan bisa berjalan lancar dan aman.

"Bulan Juni-Juli ini masih rekat dengan pilkades. Kita juga mengimbau dan mengingatkan, bahwa pelaksanaannya harus berjalan dengan lancar sesuai ikrar damai yang dilakukan di pendopo Kabupaten Tuban lalu," kata Camat Soko kpada blokTuban.com usai agenda Konferensi Kades, Rabu (19/7/2019).

Masih kata Camat, dengan hal itu pula pemerintahan desa yang diprakarsai oleh Kades maupun Pelaksana Harian (PLH) desa harus mengawal, termasuk kaitannya dalam anggaran pelaksanaan Pilkades.

Disamping itu, faktor pelayanan juga dibahas tuntas bersama Forum pimpinan Kecamatan (Forkopimka), UPT, beserta instansi terkait. Mengikuti aturan wajib Bupati, bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN), mulai dari pemerintahan desa, juga permintaan kecamatan, harus memberi pelayanan optimal kepada masyarakat.

"Pelayanan yang prima, cepat, dan terukur. Sehingga indeks kepuasan masyakat Kecamatan Soko yang sudah bagus ini bisa dipertahankan," tukasnya.

Tak hanya lini desa dan kecamatan, namun juga pelayanan umum seperi Pusat kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Kantor Urusan Agama (KUA), dan partikel lain juga harus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Dari semua itu, Konferensi Kades se-Kecamatan Sokonini diharap bisa memberi kesimbangan. Baik antara TNI, POLRI, dan pemerintah daerah  dalam melayani masyarakat. [feb/ito]