Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM RI, Kunjungi WAE Lapas Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM RI, Sri Puguh Budi Utami, mengunjungi Wahana Asimilasi dan Edukasi (WAE) yang dibuat oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tuban di lahan Perhutani BKPH Merakurak.

Lawatan Sri Puguh Budi Utami di WAE Lapas Kelas II B Tuban tersebut,dalam rangka untuk mengetahui langsung proses pengelolaan WAE yang dilakukan oleh para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) setempat.

"Saya datang di sini untuk melihat langsung, karena ini sebagai wujud pembinaan kita bahwa WBP di lapas ada yang berpotensi di bidang pertanian dan berkebunan. Sehingga nanti bisa buat bekal mereka jika sudah bebas," terang Sri Puguh Budi Utami.

Lebih lanjut, dia mengaku sangat bangga dengan adanya WAE ini. Sebab, ini merupakan wujud revitalisasi pemasyarakatan dari pihak Lapas Tuban meski berada di lahan milik Perhutani.

"Saya berterima kasih kepada pihak perhutani karena telah memberikan kepercayaan kepada Lapas Tuban untuk mengelola lahan ini," tandasnya.

Sementara itu, Kalapas Kelas IIB Tuban Sugeng Indrawan mengungkapkan pada kunjunganya di WAE Lapas Tuban, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM RI juga menyempatkan diri untuk ikut memanen buah pepaya di kebun.

"Saat berkunjung, Ibu Sri Puguh juga menyempatkan untuk ikut memanen pepaya di kebun WAE," pungkasnya.

Sekedar diketahui, WAE Lapas Tuban yang berada di Merakurak merupakan wadah pembinaan bagi para WBP. Di lahan seluas 1,5 hektar milik Perhutani inilah berbagai macam pembinaan dilakukan. Mulai dari budidaya hewan, tumbuhan hingga pertukangan.[hud/ito]