Air Mineral Kemasan Mini Jadi Tren Suguhan Masyrakat

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Menjamu tamu yang datang bersilaturahmi, sudah pasti akan diberi suguhan terbaik oleh tuan rumah. Lebih khusus dari hal yang paling umum dan dasar, yakni suguhan air minum.

Dari trennya sendiri, rupanya suguhan air minum ataupun air mineral yang dihadirkan di atas meja tamu, punya bentuk dan pilihan yang mayoritas sama, yakni air mineral kemasan mini.

Kemasan mini tersebut bukanlah seperti kemasan air gelas dengan volume 220 ml atau lebih, melainkan wadah seukuran cangkir yang tak lebih dari 200 ml.

"Memang sekarang sudah banyak yang pakai suguhan air kemasan kecil, soalnya praktis dan mudah," ujar Moh. Sihabuddin, warga di Desa Kendalrejo, Kecamatan Soko.

Lelaki yang juga merupakan Kades Kendalrejo yang sedang cuti  itu menambahkan, air minum kemasan mini lebih mudah disuguhkan dan gampang dihabiskan oleh tamu-tamu yang berkunjung di kediamannya.

"Kadang, kalau ukuran yang tanggung ataupun yang gelasan, tamu masih canggung untuk minum dan menghabiskan. Kalau kecil begini lebih enak, bisa langsung dihabiskan tanpa sungkan-sungkan," tambah lelaki yang dikenal ramah kepada masyarakat itu.

Tak jauh berbeda yang disampaikan Hari, warga Desa Mentoro. Kemasan mini dari air mineral, menurutnya lebih mudah, murah, dan praktis untuk suguhan tamu. Tak perlu memakan banyak ruang di meja tamu, dan terkesan lebih rapi dibanding kemasan dengan ukuran diatasnya.

"Di pasaran banyak yang jual ukuran kecil, jadi sekalian coba. Ya praktis, simpel, lebih rapi dan gampang disajikan karena ukurannya yang kecil," ungkapnya kepada blokTuban.com, Senin (17/6/2019).

Adapun beberapa jenis brand air mineral menghadirkan kemasan mini yang bervariatif, dengan volume air mulai dari 115 ml, 120 ml, 150 ml, hingga 180 ml. [feb/ito].