Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sekitar dua bulan lagi Hari Raya Idul Adha  segera tiba, karena itu masyarakat tengah sibuk berburu hewan kurban baik sapi maupun kambing.

Apalagi waktu saat ini, ketika hewan ternak sedang mengalami penurunan harga, masyarakat memanfaatkan betul iklim jual beli ternak lagi sedang murah.

Tak hanya pasaran hewan umum seperti wilayah Jatirogo maupun pasar hewan Tuban, bahkan masyarakat juga mencari sasaran murah di pasaran lingkup peternaknya langsung. 

"Cari sapi dekat sini saja, nanti kalau kurang puas ya berburu ke pasar hewan," ujar warga di Kecamatan Soko, Muji kepada blokTuban.com, Rabu (12/6/2019).

Ditambahkannya lagi, dia mencari sapi jenis Limusin dan Brahma untuk disiapkan menjadi hewan kurban nanti. Menurutnya, membeli hewan ternak di sekitar wilayah desa bisa lebih miring sebab biasanya bisa membeli dengan harga saudara.

"Juga bisa bantu putaran ekonomi peternak secara langsung, toh harganya nggak beda jauh sama di pasar. Malah bisa lebih murah," tambahnya.

Sementara itu, peternak sapi di sekitar perbukitan Klumpit-Tluwe, Angga menyebutkan, harga hewan ternak kali ini memang sedang turun. Hal itu disebabkan oleh permintaan pasar yang belum banyak.

Baik harga sapi Limusin maupun Brahma, bisa turun sampai Rp500.000 hingga jutaan rupiah dari harga normal stabil sebelumnya. Sedangkan perkiraan harga ternak bakal naik, diprediksi minggu-minggu menjelang Idul Adha.

"Sudah banyak yang datang ke sini, lihat sapi dan tanya harga. Memang sekarang masih murah, makanya banyak yang sudah beli sebelum idul Adha," tandasnya. [feb/lis]