Bupati Intruksikan Gerakan Beli Cabai Petani Saat Panen Raya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Berawal dari keprihatian terhadap kondisi petani cabai diwilayahnya, Bupati Tuban, Fathul Huda mengintruksikan Sekretaris Daerah untuk membuat Gerakan Membeli Cabai dari Petani. Melalui gerakan tersebut, ASN dihimbau untuk membeli cabai hasil pertanian Bumi Wali. Hal ini sebagai wujud kepedulian terhadap sesama warga.

"Saat panen harga jualnya selalu turun drastis. Sementara hasil panen petani melimpah dan menyebabkan harga jualnya turun drastis yang mengakibatkan petani cabai merugi," ucap Bupati Tuban kepada blokTuban.com.

Begitu memperoleh kabar tersebut, Bupati Huda langsung menghubungi Menteri Pertanian. Tim Direktorat Jenderal Hortikultura bersama Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian bergerak cepat terjun ke lokasi untuk menemui para petani.

Tim Kementan juga mengajak para pelaku usaha swasta untuk menyerap langsung panenan cabai di Tuban dengan harga yang layak. Pada tahap awal operasi pasar tersebut, disepakati pembelian 7 ton cabai keriting dan 3 ton cabai rawit merah dengan harga Rp 8 ribu per kg untuk dijual melalui Toko Tani Indonesia ke pasar Jakarta.

Potensi pertanian jagung dan cabai di Kecamatan Grabagan harus dimaksimalkan. Kementan telah memberi bantuan bibit jagung sebanyak 30 ribu ha untuk seluruh lahan garap jagung dengan luas 60 ribu.

"Bantuan bibit ini harus dibagi rata semua warga, yaitu masing-masing mendapat bibit untuk setengah hektar," imbuh Bupati petahana. [ali/ito]