Tiga Bulan Berturut-turut, Soko Dominasi Peserta KB Baru

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Tiga bulan berturut-turut,  Kecamatan Soko meperoleh urutan pertama sebagai pencapaian peserta Kelurga Berencana (KB) baru di Kabupaten Tuban. 

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Keluargalu Berencana (Dispemdes dan KB) bidang Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada bulan Febuari hingga April Kecamatan Soko berada di peringkat pertama sebagai peserta KB baru terbanyak. 

Pada bulan Februari 2019 target peserta baru KB di Kecamatan Soko 1.025 tercapai 221 atau 21,66 persen, bulan Maret 2019 target 1.025 tercapai 163 atau 15,90 pesen.

Dan pada Bulan April 2019 dengan target yang sama 1.025 pencapain naik menjadi 786 atau 76,68 persen, sedangkan pada bulan Januari 2019 peringkat pertama diraih oleh Kecamatan Montong dengan target 877 pencapain 148 atau 16,88 persen.

"Alhamdulillah sudah mulai banyak yang tahu manfaat KB,"ungkap Kepala Bidang (Kabid) BKKBN, Suwahyu.

Lebih lanjut, meskipun sudah banyak yang mengikuti program KB, tapi pihaknya hingga saat ini masih terus melakukan sosialisasi terkait pentingnya KB.

"Sosialisasi masih terus berjalan," ungkapnya. 

Selain itu,  untuk mepelancar program KB, pihaknya juga melakukan program kampung KB dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kesejahteraan masayarakat.

Dapat dilihat dari konsep Definisi Total Fertility Rate (DTFR) atau jumlah rata - rata anak yang dilahirkan perempuan, juga ada program Bina Keluarga Balita (BKB)  dan Bina Keluarga Sejahtera (BKS).  

"Walaupun tingkat pertumbuhan sudah rendah, tapi tingkat Kesejahteraan rendah kan sama saja," tandasnya.  [nid/col]