Rengel Jadi Desa Tercepat PTSL, Begini Kata Kades

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pelaksanaan program Pemerintah Pusat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN), yakni Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang ada di Desa Rengel, Kecamatan Rengel, menjadi wilayah yang paling cepat dalam pemrosesan sertifikat tanah.

Terbukti dengan adanya acara penyerahan sertifikat tahap 1 PTSL Desa Rengel, yang membagikan 288 sertifikat tanah kepada peserta program, di Aula Balai Desa Rengel, Kecamatan Rengel Sabtu (1/6/2019) lalu.

Dalam hal itu, Kepala Desa (Kades) Rengel mengapresiasi kinerja panitia PTSL yang semaksimal mungkin menyelesaikan target terbaik. Berkat kolaborasi panitia yang berasal dari masyarakat pendaftar, pemuda, dan tokoh perangkat desa, sekitar 30 persen sertifikat tanah telah diserahkan kepada yang berhak.

"Kita memilih dari aspek panitia tak hanya dari masyarakat saja, tapi ada pemuda yang memang ada satu dua khusus untuk lapangan," beber Mohamad Mokhtar, Kades Rengel.

Ditambahkannya lagi, pemilihan panitia yang melibatkan pemuda memang tak sembarangan. Melainkan yang memiliki tanggung jawab pada target kepanitian tang telah disepakati.

"Setelah sertifikat dibagikan, warga bisa punya aset tambahan yang berharga. Sehingga bisa menunjang perekonomian keluarga, dengan memegang sertifikat," jelasnya.

Besar harapan Kades, masyarakat yang sudah memiliki sertifikat tanah bisa menjaga barang berharga tersebut dengan baik. Mengingat, sertifikat tanah bisa memperkuat bukti kepemilikan, dan bahan jikalau keperluan mendesak lain ada. [feb/col]