Ini Fasilitas yang Ada di Posko Kesehatan Mudik Tuban

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, menyiapkan posko kesehatan selama arus mudik Lebaran 2019. Keberadaan fasilitas tersebut ada di empat titik yang tesebar di sepanjang jalur pantura wilayah Kabupaten Tuban, Sabtu (1/6/2019).

Tepat H-7 menjelang Hari Raya Idul Fitri, tepatnya hari Rabu, (29/5/2019) posko kesehatan yang ada di empat titik di sepanjang jalur Pantura telah dibuka.  

Empat titik di antaranya,  perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Bancar, rest area Tuban,  parkiran tempat Wisata Pantai Boom dan di Kecamatan Widang. 

Sekretaris Dinkes Tuban, Endah Nurul mengatakan, H-7 lebaran posko kesehatan sudah mulai beroperasi dan akan berakhir H+7 Lebaran. 

Ia menjelaskan, fasilitas yang ada di posko tersebut di antaranya, satu tempat tidur pasien lengkap dengan peralatan medis,  oksigen, kursi tunggu dan obat-obatan.

"H-7 sudah banyak pemudik, jadi kita mulai beroperasi," ungkap Endah. 

Lebih lanjut, nantinya posko tersebut akan buka selama 24 jam,  untuk pembangian petugas akan dibagi dalam tiga shift,  shift pagi, shift siang dan shift malam.  

Petugasnya bersal dari perugas Dinkes, petugas Puskesmas, Tim PSC, PMI, klinik swasta dan juga melibatkan petugas rumah sakit.

"Selain itu 33 Puskesmas juga siaga," ungkapnya. 

Di tempat terpisah,  petugas yang sedang berjaga posko kesehatan. Anita Mengatakan, biasanya posko akan dipenuhi pemudik H-1 menjelang lebaran. Sedangkan,  keluhan yang biasa dirasakan pemudik di antaranya, kepala pusing dan mual.  

"Karena, perjalanan jarak jauh dan kurang istirahat," ungkap Anita. [nid/col]