Meriahnya Festival Tongklek Grabagan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Festival tongklek wilayah Kecamatan Grabagan yang berlangsung Jumat (31/5/2019) malam, dan selesai pada Sabtu (1/6/2019) dini hari berlangsung secara meriah. 

Kehadiran peserta disambut antusias warga sekitar Kecamatan Grabagan yang tumpah ruah di jalanan. Tak ayal keadaan demikian mengakibatkan jalanan macet. 

Sebanyak 17 grup tongklek yang datang dari berbagai wilayah memeriahkan acara tahunan ini. Acara yang diselenggarakan PAC IPNU-IPPNU Grabagan itu berjalan sejauh sekitar 2 kilometer dan start dari halaman Kantor Kecamatan Grabagan. 

"Alhamdulillah, tahun ini bisa melaksanakan agenda rutin dengan antusias warga yang sangat baik. Meskipun jumlah peserta menurun, dibanding tahun lalu," ujar ketua panitia A Misbahul Munir.

Pada tahun sebelumnya, jumlah peserta festival tongklek ini sangat banyak. Terhitung 30 grup tongklek lebih memeriahkan acara. Kendati begitu, tahun ini masih terbilang cukup baik. 

Sebab, dalam waktu bersamaan juga diselenggarakan acara serupa, di Kecamatan Plumpang, dan wilayah Desa Kowang Kecamatan Semanding.

"Kita ucapkan banyak terima kasih kepada peserta yang sudah memeriahkan acara ini. Semoga para pegiat seni tongklek bisa terus bergeliat dengan mempertahankan kesenian asli kita ini," ujar pemuda yang juga ketua PAC IPNU Grabagan itu.

Paguyuban Seni Tongklek (PST) juga memberi apresiasi penyelenggaraan festival dam lomba tongklek di wilayah Grabagan. Dari tahun ke tahun panitia tetap konsisten menggelar kegiatan rutin meski wilayah daerahnya miliki rute yang tak gampang untuk dilalui seperti wilayah penyelenggaraan lain.

"Grabagan itu seru. Kan harus lewat rute yang naik, turun dan berbelok-belok. Tapi warga punya antusias yang sangat baik,’’ kata Moza, anggota PST Tuban.[feb/ono]