1.800 Meter Pipa Air Bersih Baru untuk Desa Ngimbang

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebagai sumber kehidupan, akses air bersih sayangnya tidak selalu dapat dirasakan semua orang. Hal tersebut untungnya tidak dialami oleh warga Desa Ngimbang yang sejak lebih dari 6 tahun lalu saat setelah menerima manfaat dari program peningkatan akses air bersih atas insiatif SKK Migas dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

“Berawal dari program tersebut, kami meneruskan pengelolaan air bersih di Desa Ngimbang yang langsung dapat diterima manfaatnya oleh masyarakat sekitar,” Ucap Ketua Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) Tirto Langgeng, Wardoyo, Jumat (31/5/2019).

HIPPAM Desa Ngimbang yaitu kelompok masyarakat yang memanfaatkan sumber air yang dibangun oleh pemerintah untuk mendukung ketersediaan air bersih bagi masyarakat.

Ditemui pada kegiatan serah terima penambahan 1.800 meter jaringan air bersih di Balai Desa Ngimbang yang didukung oleh EMCL, Wardoyo menyatakan program yang berawal sejak tahun 2012 ini telah berhasil diteruskan secara mandiri oleh warga sekitar. Bahkan, HIPPAM Tirto Langgeng pernah mendapatkan penghargaan HIPPAM terbaik kategori “Menengah” di tingkat Kabupaten Tuban dan Provinsi Jawa Timur.

Sejak tahun 2012, sebanyak 803 jaringan sambungan rumah telah terbangun dari program ini dan memberikan manfaat kepada lebih dari 2.400 warga.

“Terima kasih atas dukungan dari EMCL yang telah melaksanakan program air bersih di Desa Ngimbang, khususnya karena air bersih adalah salah satu kebutuhan utama warga," sambung Pelaksana Harian Kepala Desa Ngimbang, M Ainur Rofiq.

Pada kegiatan ini turut diberikan santunan kepada total 100 anak yatim piatu serta rumah tangga pra sejahtera yang berasal dari wilayah sekitar oleh perwakilan HIPPAM Tirto Langgeng.

Dukungan ini menujukkan bahwa HIPPAM di Desa Ngimbang ini telah mandiri dan mampu berkontribusi lebih kepada masyarakat. Hal ini juga berkat dukungan penuh dari EMCL.

Manajemen EMCL sangat mengapresiasi Pemdes Ngimbang dan pengurus HIPPAM yang bersama-sama dapat mengelola dan mengembangkan fasilitas air bersih yang kami dukung sejak tahun 2012.

“Kedepannya semoga program ini dapat semakin bermanfaat bagi masyarakat luas," tutup Public & Government Affairs, EMCL, Rifqi Romadhon. [ali/rom]