Polisi Dor Spesialis Pencurian Sepeda Gunung di Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tim Resmob Unit Jatanras Satreskrim Polres Tuban berhasil menangkap spesialis pelaku pencurian dan pemberatan sepeda gunung di wilayah Kabupaten Tuban, Sabtu (25/5/2019).

Pelaku di ketahui bernama YT alias BY (37) warga RT/02 RW/04 Dusun Kembangbilo, Desa Kembangbilo, Kecamatan Tuban. Dalam penangkapan itu, pelaku terpaksa dilumpuhkan oleh petugas lantaran hendak kabur saat akan ditangkap.

Kasatreskrim Polres Tuban, AKP Mustijat Priyambodo mengatakan, penangkapan itu dilakukan oleh petugas setelah petugas mendapatkan laporan maraknya pencurian sepeda gunung pada waktu malam hari.

Mendapatkan laporan itu, Satreskrim Polres Tuban kemudian melakukan penyelidikan lebih lanjut. Dalam penyelidikan itu, petugas mendapatkan informasi adanya tukang becak di parkiran Sunan Bonang Tuban yang sering menawarkan sepeda gunung ke teman-temanya.

"Setelah kita lakukan penyelidikan, dan mendapatkan identitas terkait tukang becak yang sering menawarkan sepeda gunung kemudian kita berupaya untuk mengamankan pelaku," ujar Kasatreskrim Polres Tuban.

Namun, pelaku sempat melarikan diri kearah ladang jagung. Kemudian untuk menghentikan langkah pelaku petugas terpaksa menghentikan pelaku dengan tembakan ke arah kaki. Dan pada saat itu pelaku langsung dibawa ke rumah sakit terdekat.

"Saat dilakukan interograsi dan pemeriksaan terhadap pelaku, pelaku mengangku telah melakukan peencurian sepeda gunung sebanyak 5 kali," imbuh Kasat.

Petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa unit sepeda gunung merk Turanza warna hitam strep merah, satu unit sepeda gunung merk United warna merah kombinasi putih strep hitam, satu unit sepeda gunung merk Poligon warna hitam strep kuning dan satu unit sepeda gunung merk Thrill warna putih strep merah.

Untuk mempertanggungjabakan perbuatanya pelaku dikenakan persangkaan Pasal 363 Ayat 1 ke 3e, dan 5e KUHP.[hud/ito]