Konsep Alam Tradisional Ini Bakal Jadi Rest Area di Ngawun

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Ada pemandangan berbeda dari sisi jalan sekitar pertigaan Ngawun, Desa Ngawun, Kecamatan Parengan. Tepat diseberang pertigaan, terdapat tempat santai yang bisa digunakan istirahat untuk para pengguna jalan.

Lahan seluas kurang lebih 1 hektare dengan dominasi lahan jati di sekitarnya dirombak menjadi spot santai oleh pemuda dan warga desa setempat. Bahkan, sudah ada muncul gagasan ikon dengan nama TFA.

"Ini kan jalur Tabeplas, jadi kita beri nama Tabeplas Forest Area. Kalau disingkat jadinya TFA," ungkap Toni, pegiat asli Desa Ngawun.

Ditambahkannya lagi, tempat tersebut sengaja dibuat oleh masyarakat agar digunakan sebagai tempat istirahat yang santai nan teduh dengan suasana alam yang ada. Mengingat, jalanan tersebut merupakan  salah satu akses jalur alternatif kendaraan berat, jalan poros antar wilayah provinsi, sehingga pengguna jalan bisa mampir untuk sesaat.

"Ya begini keadaan sementaranya, semoga ke depan lebih baik lah," ungkapnya kepada blokTuban.com, Rabu (29/5/2019).

Meski terbilang masih dalam tahap awal, tempat bersantai di sekitaran area hutan Jati Tabeplas itu sudah dilengkapi beberapa sarana prasarana umum, seperti gubuk gazebo, tempat bersantai dan bermain anak, juga kran air untuk bersih-bersih.

"Bulan puasa ini kita sering kerjakan bersama warga masyarakat. Alhamdulillah gak ada kendala tertentu, air juga sudah bisa dipakai lancar. Tinggal nunggu proses tumbuh dan pembuatan Musala pelan-pelan," kata Prapto, pemuda dari Desa Sembung yang biasa membantu pekerjaan pembuatan TFA. [feb/col]