Dua Tahun Berdiri, BUMDes Ini Rutin Bagi-bagi Sembako

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com – Tahun 2017 Desa Socorejo, Kecamatan Jenu mendirian sebuah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dari situlah 1.150 Kepala Keluarga (KK) desa ring 1 semen BUMN menerima manfaatnya.

Dalam setahun BUMDes di bawah pimpinan Kepala Desa Arif Rahman Hakim ini, mampu membagikan paket Sembako dua kali ke seluruh warganya tanpa terkecuali. Anggarannya diambilkan dari keuntungan kerja BUMDes tersebut.

“Kami bersyukur dalam kurun waktu 2 tahun Bumdes sudah bisa menyumbang PAD desa. Sekaligus memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat kita,” ucap Kades Arief kepada blokTuban.com, Rabu (29/5/2019).

Lebih dari itu, salah satu upaya konkrit Pemdes Socorejo dalam program pemberdayaan BUMDes yang sekaligus pemberdayaan pemuda dalam rangka mengurangi pengangguran usia produktif.

Pemdes Socorejo bekerjasama dengan PT Semen Indonesia dalam rangka perawatan rambu rambu laut. Dimana secara teknis dikerjakan oleh BUMDes dengan tenaga ahli asli pemuda Socorejo.

Hal ini tentu masih sangat jauh panggang dari api. Kendati demikian, upaya kecil ini semoga bisa menjadi pemantik bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat melalui program bersama desa dengan perusahaan sekitar.

Sementara empat orang pemuda yang diberdayakan. Target kedepan, dengan program pemberdayaan pemuda bisa melibtkan 10 kelompok. Dimana per kelompok 5 sampai 10 orang.

"Adapun yang kita berdayakan sesuai dengan potensi masing-masing," terang Kang Arief sapaan akrabnya.

Catatan blokTuban.com, core bussiness BUMDes Maju Mandiri Sejahtera Socorejo bergerak di bidang jasa pelayanan dan konstruksi. Badan usaha ini juga menjalin kerja sama dengan PT SG. Salah satu yang sudah berjalan adalah, BUMDes Socorejo menjadi vendor untuk supply air bersih ke kapal dan penghijauan area pelabuhan.

Selain jasa pelayanan dan konstruksi, BUMDes juga menjadi agen resmi BNI 46. Tugasnya menyalurkan bantuan PKH dan program BPNT kepada masyarakat. [ali/rom]