Masih Ada 11 Event, Ini Jadwal Lomba dan Festival Tongklek 1 Minggu Kedepan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Semarak Ramadhan di Kabupaten Tuban dimeriahkan sejumlah wilayah dengan berbagai kegiatan, salah satunya dengan Festival Tongklek. Seiring kegiatan yang telah bergulir dari awal bulan puasa, tercatat masih ada 11 event lomba dan festival tongklek selama satu minggu kedepan.

"Tanggal 27 Mei sampai awal bulan Juni mendatang masih ada festival tongklek di banyak wilayah, 1 minggu persis," papar Zaenal Arifin, Paguyuban Seni Tongklek (PST) Kabupaten Tuban, Senin (27/5/2019).

Lelaki yang kerap disapa Moza itu juga menambahkan, event berkelanjutan mulai tanggal 27 Mei lebih dulu di Desa Magersari Kecamatan Plumpang. Kemudian Kecamatan Bancar pada tanggal 28 Mei, Kaliuntu Kecamatan Jenu dan Penambangan tanggal 29 Mei. PAC IPNU-IPPNU Jenu juga mengadakan festival Tongklek pada 30 Mei mendatang.

Kemudian pada akhir bulan Mei, terdapat 3 event sekaligus. Yakni di Kecamatan Plumpang, Grabagan, serta Kowang Semanding yang menghelat festival tongklek di 31 Mei 2019.

"Setelah itu ada Kecamatan Palang dan Jatirogo, even tongklek 1 Juni. Paling akhir Montong, tanggal 2 Juni. Tapi yang menarik nanti, pasti di Grabagan. Soalnya rute dan medannya naik turun," ungkap anggota PST asal Kecamatan Plumpang tersebut.

Sementara itu dari data yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, Kecamatan Merakurak dan Klotok Kecamatan Plumpang telah lebih dulu mengadakan festival pada 11 Mei 2019 lalu. Selang 1 minggu, yakni pada 18 Mei event serupa jika digiatkan panitia bersama di Kendalrejo, Kecamatan Soko dan wilayah Bejagung Semanding.

PC IPNU-IPPNU Tuban kemudian juga memberi hiburan masyarakat dengan gelaran Festival Tongklek pada 22 Mei 2019. Tiga hari kemudian, Prambontergayang Kecamatan Soko menyusul event dengan menyasar dan menghibur masyarakat sekitarnya. Yang paling akhir yakni Minggu (26/5/2019) malam kemarin, PAC IPNU-IPPNU Soko juga menggemakan Ramadhan dengan Festival yang dihadiri wilayah Karesidenan. [feb/rom]