Gandeng Elemen NU, Lazisnu Jatirogo Beri Santunan Anak Yatim

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertepatan dengan 10 hari terakhir Ramadan 1440 H. Tidak disia-siakan oleh UPZIS LAZISNU Kecamatan Jatirogo.

Pada Minggu (26/5/2019) petang, Lembaga Amil Zakat Nahdlatul Ulama (NU) di tingkat kecamatan itu menggelar acara 'Berkah Ramadan' bersama ratusan yatim se-Jatirogo.

Informasi yang diterima blokTuban.com menyebutkan, bertempat di Kantor Majlis Wakil Cabang (MWC NU) Jatirogo yang baru saja diresmikan, sebanyak 319 yatama mendapatkan santunan berupa tas berserta alat tulis. Dengan didampingi walinya, mereka (yatama) tampak sumringah.

"Penerimaan santunan berbagi berkah Ramadan ini sebanyak 319 anak dari 19 Ranting UPZIS Desa," terang ketua panitia, Samiun di Kantor MWC NU Jatirogo, Jalan Raya Jatirogo, Desa Wotsogo, Jatirogo Tuban.

Dia menyampaikan, sebagai wujud transparansi Lazisnu dalam menggalang donasi ini ada beberapa donatur pribadi, dan komunitas, termasuk dari luar kota, seperti dari kota Tangerang (Kalpati) dan Jakarta.

"Dari Upzis desa maupun kecamatan yang dananya dari KOIN NU ikut andil mensupport kegiatan acara ini. Laporan panitia, donasi terkumpul hingga kurang lebih Rp69 juta," imbuh Samiun.

Sementara itu, Ketua Upzis LazisNu Kecamatan Jatirogo H. Sanuri serta Ketua MWC NU Jatirogo juga sangat bersyukur NU bisa berbagi berkah Ramadan untuk masyarakat Jatirogo.

"Saya sangat bersyukur, Koin NU yang selama ini dikumpulkan dari seratus, duaratus, limaratus kini bisa nyata penggunaannya dari dan untuk masyarakat sendiri," jelasnya.

Sementara itu, perwakilan LazisNu Kabupaten Tuban Sutondo, mengapresiasi kegiatan yang diadakan Upzis LazisNu Jatirogo. Menurutnya, kegiatan-kegiatan dari Upzis LazisNu Jatirogo selalu ada yang baru.

"Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi buat kecamatan lain yang ada di Kabupaten Tuban," jelas Sutondo.

Diketahui, acara dimulai dengan pra acara hadrah yang dimainkan oleh grup hadrah Al Busyro dari Desa Sadang. Pembukaan di mulai tepat pukul 16.00 WIB dengan pembacaan ayat suci Alquran yang dibawakan saudara Ma'ruf dari Desa Jombok. [hud/rom]