Jelang Hari Raya Komisi VI DPR RI Sidak Pasar Baru Tuban
 
Reporter: Mochamad Nur Rofiq 
 
blokTuban.com - Anggota DPR RI Komisi VI, Lukmanul Khakim melakukan sidak di Pasar Baru Kota Tuban, Jawa Timur Sabtu (25/5/2019). Sidak dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok dan stabilnya harga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M.
 
"Sidak pasar merupakan agenda rutin Komisi VI DPR RI yang selalu dilakukan ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri," ujar Lukman kepada blokTuban.com.
 
Politikus PKB itu mengklaim, kebiasaan menjelang hari raya kebutuhan pokok melonjak drastis. Sehingga hal ini yang perlu di antisipasi.
 
Dari temuan sidak, stok kebutuhan pokok di Pasar Baru terpantau aman dan harga masih stabil. Diharapkan kondisi ini bisa bertahan hingga hari Raya Idul Fitri Kedepan.
 
"Dibeberapa daerah, daya beli Masyarakat tampak turun. Ini didapati ketika sebelumnya saya melakukan sidak di pasar wonokromo Surabaya. Banyak pedagang yang banting harga karena daya beli masyarakat rendah," imbuhnya. 
 
Ia memaparkan, jika di pasar wonokromo Surabaya tampak sepi pembeli, pedagang hingga banting harga. Namun, ketika di Pasar Baru kota Tuban tampak berbeda. Harga masih stabil dan pembeli juga masih normal.
 
Disela sidak yang dilakukan, Lukman juga melakukan serap aspirasi terkait masalah yang dihadapi para pedagang pasar. Umumnya mengeluh soal harga yang masih naik turun di musim-musim tertentu.
 
"Menurut kami, ini butuh penanganan khusus dari pemerintah untuk selalu menjaga stabilitas harga," tandasnya. 
 
Data yang berhasil diterima blokTuban.com selain sidak, kehadiran Lukman di Tuban selama seminggu terakhir pada Bulan Ramadan ini akan di pakai untuk kegiatan yang lebih berbaur dengan masyarakat. Di antaranya, kegiatan buka bersama, sahur on the road, hingga berbagi kasih dengan warga kurang mampu di Tuban.
 
"Kegiatan saya di Tuban ini bertujuan untuk lebih dekat agar tak berjarak dengan rakyat," tukasnya. 
 
Sedikit diketahui, belakangan ini nama Lukmanul Khakim santer jadi perbincangan. Karena ia mulai diisukan untuk maju sebagai calon Bupati Tuban. [rof]