Dinkes Siapkan 4 Posko Kesehatan di Jalur Pantura

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Menjelang mudik lebaran yang tinggal beberapa hari lagi,  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban menyiapkan 4 posko kesehatan dan 33 Puskesmas. Posko itu dibagi di sepanjang jalur pantai utara (Pantura).

Posko pertama berda di perbatasan antara Jawa Timur dengan Jawa Tenga,h tepatnya berada di Kecamatan Bulu. Posko ke dua berada di rest area Tuban,  posko ke tiga berada di parkiran tempat wisata Pantai Boom dan terakhir berada di perbatas Tuban - Babat tepatnya berada di Kecamatan Widang.

"Jalur tersebut yang paling banyak dilewati pemudik,"ungkap Seketaris Dinkes Endah Nurul.

Ia menjelaskan, nantinya petugas yang diperbantukan  di posko berasal dari petugas Dinkes, tim PSC, petugas puskesmas, klinik swasta,  PMII dan melibatu petugas Rumah Sakit yang ada di Tuban.

Karena posko selama arus mudik posko akan buka selama 24 jam, nantinya petugas akan di bagi dalam tiga shift,  pagi,  sore dan malam. 

"Posko mulai beroperasi H-7 lebaran sampai H+7 lebaran,"ungkapnya.

Lebih lanjut, selain posko. Selama mudik lebaran 33 Puskesmas yang tersebar di Tuban, terutama yang ada di Jalur panturan selalu siap siaga 24 jam.  Mulai dari Tuban bagian barat perbatas Jatim dengan Jateng,  hingga Tuban bagian selatan perbatasan antara Tuban dengan Bojonegoro.  "Puskesmas akan siap siaga,"tandasnya. [nid/ito]