Lima BUMN Berbagi untuk Masyarakat Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Mengawali rangkaian kegiatan BUMN 2019 adalah Safari Ramadan dengan berbagi kebahagiaan bersama anak-anak yatim dan panti asuhan melalui kegiatan buka puasa bersama. Kegiatan buka puasa bersama tersebut bertempat di Komplek Pondok Pesantren Manbail Huda, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur.

Safari Ramadan di Provinsi Jawa Timur merupakan sinergi dari lima BUMN yang ditunjuk oleh Kementerian BUMN yaitu PT Pertamina (Persero), PT Industri Kereta Api (Persero), PT PAL Indonesia (Persero), PT PN XI dan PT Waskita Karya (Persero). Rangkaian Program BUMN Hadir Untuk Negeri 2019, terbagi dalam kegiatan Safari Ramadhan, Siswa Mengenal Nusantara, Kegiatan HUT RI, dan Perayaan Natal.

Sebagai wujud aksi nyata kepedulian dan sinergi BUMN di Provinsi Jawa Timur, dalam kegiatan Safari Ramadhan tersebut disalurkan berbagai bantuan baik untuk anak-anak yatim maupun masyarakat berupa santunan dan bingkisan untuk 1.000 anak yatim senilai Rp350.000.000,- 

Bantuan sarana dan prasarana untuk pondok pesantren/panti asuhan/tempat ibadah. Bantuan 1.000 Al Quran senilai Rp 60.000.000, bantuan 1.000 paket sembako murah yang akan diberikan pada saat kegiatan Pasar Murah (25/5/2019) di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, senilai Rp247.500.000,- 

Bantuan elektrifikasi 50 titik dan MCK 50 pintu. Bantuan penyediaan sarana air bersih di 2 titik senilai Rp 200.000.000. Bantuan perbaikan 10 rumah karyawan dan masyarakat. Pemberian Beasiswa untuk 25 orang siswa SD, SMP, dan SMA senilai Rp 50.000.000. 

Total bantuan yang diberikan oleh 5 BUMN dalam kegiatan ini lebih dari Rp2 Miliar. Bantuan-bantuan yang secara simbolis diserahkan di Pondok Pesantren Manbail Huda, tersebar untuk penerima di berbagai wilayah di Jawa Timur, yang berada di sekitar wilayah operasi BUMN yang ditunjuk.

Hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari kelima BUMN, yang secara langsung menyapa dan berbagi kebahagiaan bersama anak-anak yatim. Kepala Bidang PISM I Kementerian BUMN, Mahmud Husen sebagai perwakilan dari dari BUMN koordinator menyampaikan kegiatan Safari Ramadan merupakan salah satu bentuk sinergi dari BUMN untuk masyarakat di Provinsi Jawa Timur. 

“Hadirnya 5 BUMN di Provinsi Jawa Timur ini, adalah dalam rangka memberikan santuan dan bantuan untuk anak-anak yatim dan masyarakat, merupakan bentuk sinergi antar BUMN untuk semakin meningkatkan peran BUMN dalam kerangka BUMN Hadir Untuk Negeri,“ ujarnya, Jumat (24/5/2019).

BUMN memiliki komitmen untuk selalu memperhatikan lingkungan dan masyarakat sekitar area operasinya. Pertamina selaku koordinator bersama 4 BUMN lainnya yakni PT Industri Kereta Api (Persero), PT PAL Indonesia (Persero), PT PN XI, dan PT Waskita Karya (Persero) senantiasa berkomitmen untuk terus menjalankan perannya di masing-masing bidang usaha.

"Kami senantiasa berkomitmen dengan memberikan peran nyata untuk ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jawa Timur," tutupnya. [ali/lis]