13:00 . Tuban Butuh Data Terpadu Kemiskinan, Petugas Survei Harus Jujur   |   12:00 . Besok, Listrik Sekitar RSUD Tuban Padam 4 Jam   |   11:00 . Air Mineral Kemasan Mini Jadi Tren Suguhan Masyrakat   |   10:00 . Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM RI, Kunjungi WAE Lapas Tuban   |   09:00 . Sampah di Desa Ini Dipakai Bayar Asuransi   |   07:00 . Manfaat Menatap Mata Bayi   |   16:00 . Nelayan Tuban Ikuti Seminar Kebersihan Laut dan UKM   |   15:00 . Tudingan Penggelembungan Suara Pilpres, Ini Tanggapan KPU   |   14:00 . Struktural BPD Pongpongan Terbentuk, Ini Komitmennya   |   11:00 . TNI Polri dan Masyarakat Tuban Deklarasi Tolak Kerusuhan   |   10:00 . Sejumlah Progres Kilang Tuban Setelah Kunjungan Pemprov Jatim   |   09:00 . Diskoperindag Canagkan Program Berantas Rentenir   |   08:00 . Ini Komentar Warga Soal Jembatan Tuban-Bojonegoro   |   07:00 . 3 Rumus Jalani Lebaran Sehat   |   19:00 . Meski Kalah, Strategi akan Diterapkan di Liga 2   |  
Mon, 17 June 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 22 May 2019 22:00

FKUB Tuban Gelar Buka Puasa Bersama Tokoh Lintas Agama

FKUB Tuban Gelar Buka Puasa Bersama Tokoh Lintas Agama

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Sejumlah kelompok dan elemen masyarakat di bawah naungan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tuban menggelar acara rapat rutin dan buka bersama lintas iman, Rabu (22/5/2019). Acara ini berlangsung khidmad di  Plaza Ikan, Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban.  

Acara tersebut dihadiri sejumlah elemen dan tokoh lintas agama di antaranya tokoh dari 6 agama dan sejumlah instansi terkait seperti Kesbangpol, Kemenag, Polres dan Kepala Desa setempat.

Ketua FKUB Tuban, KH. Masduqi mengatakan, sedari awal, kehidupan beragama di wilayah Tuban penuh toleransi. 

Menurutnya, kebersamaan dalam berbuka puasa dengan tokoh dari berbagai latar belakang agama tersebut memiliki tujuan untuk menghilangkan stereotipe yang muncul karena tidak saling memahami serta guna melawan radikalisme yang dapat memecah belah persatuan bangsa dan negara.

Pertemuan ini hanyalah sebagian kecil dari apa yang bisa dilakukan untuk hubungan harmonis antara umat beragama di Indonesia. "Masih banyak ruang diskusi dan pertemuan lain tokoh lintas agama," ungkap Masduqi

Sementara itu Kepala Kesbangpol Tuban, Didik Purwanto mengatakan, keberadaan FKUB sangat penting maka kerukunan harus di jaga intern dan antar umat beragama. Mantan Camat Tambakboyo ini mencontohkan masalah klenteng yang tak kunjung selesai. 

"Insyaallah setelah Lebaran akan kita ajak komunikasi lagi pengurus klenteng beserta FKUB dan instansi terkait," ungkap Didik. 

Dalam kesempatan ini FKUB Tuban menyatakan sikap menolak dan mengutuk segala bentuk kekerasan pasca Pemilu yang menyebabkan rakyat menderita, dan ketakutan yang di sebabkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, serta mendukung penuh pemerintah beserta TNI/POLRI. 

Di temui secara terpisah Kepala  Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan, mengajak semua komponen masyarakat untuk saling toleransi antar umat beragama. Hal tersebut sangat penting dilakukan guna menjaga keutuhan NKRI.

"Saling menghargai satu sama lain harus kita lakukan sebagai makhluk Tuhan," ungkapnya. 

[nid/col]

Tag : FKUB, buka, puasa

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more