Sejumlah Kebutuhan Pokok Mulai Turun Harga

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Menjelang pertengahan puasa beberapa kebutuhan pokok terpantau mulai berangsur turun harga.

Berdasarkan pantuan blokTuban.com di pasar baru Tuban, sejumlah kebutuhan pokok mulai berangsur turun seperti bawang merah yang sebelumnya kualitas standat dijual dengan harga Rp30 ribu, saat ini turun jadi Rp25 ribu, bawang merah kualitas super sebelumnya Rp33 ribu saat ini turun Rp27 ribu dan bawang putih kating sebelumnya Rp50 ribu saat ini turun Rp35 ribu.

"Sudah sekitar tiga hari ini turun," ungkap Firin salah seorang pedagang.

Untuk harga cabai juga terpantau turun, cabai rawit sebelumnya Rp22 ribu sekarang menjadi Rp10 ribu, dan cabai peluntir sebelumnya Rp30 ribu saat ini turun Rp13 ribu. Untuk harga tomat masih diharga Rp12 ribu.

"Tomat yang masih mahal Rp12 ribu,  biasanya sekitar Rp8 hingga Rp9 ribu," ungkap pedagang lain, Siti.

Selain itu, harga daging ayam juga terpantau ikut turun, sedangkan harga  daging sapi relatif stabil.

Salah satu pedagang, Neng (50) mengatakan, sudah sekitar tiga hari ini harga daging ayam turun, seperti ayam potong sebelumnya Rp32 ribu saat ini Rp30 ribu, ayam horen sebelumnya Rp35 ribu saat ini Rp32 ribu dan ayam jawa sebelumnya Rp70 ribu saat ini Rp60 ribu.

"Ayam jawa yang masih agak mahal meski udah turun, karena ayamnya langka," ungkap Neng.

Untuk daging sapi menurut salah satu pedagang, Fauzi (55) harga masih relatif stabil, untuk daging kualitas biasa harga berkisar Rp90 hingga Rp95 ribu dan untuk kualitas super Rp100 hingga Rp110 ribu.

"Harga masih stabil belum ada kenaikan," ungkapnya. [nid/rom]