Bulan Ramadan, Stok Darah di PMI Tuban Menipis

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sepekan lebih Bulan Ramadan 1440 Hijriyah, stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tuban kian menipis. Hal itu terjadi lantaraan pendonor darah mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya.

Kepala Sub Bidang P2D2S PMI Tuban, Agus Harjunadi mengatakan, hingga saat ini jumlah stok darah di PMI Tuban ada sebanyak 120 kantong darah dengan rincian golongan darah A terdapat 44 kantong, golongan darah B terdapat 18 kantong, golongan darah AB ada sebanyak 30 kantong dan golongan darah O terdapat 35 kantong.

"Jumlah tersebut terbilang menipis, karena permintaan kantong darah juga lumayan tinggi, tapi dipastikan selama bulan Puasa ini stok darah masih aman," terang Agus Harjunadi saat ditemui di kantornya.

Dia juga mengungkapkan, selama ini kantong darah yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat di Kabupaten Tuban adalah darah golongan O. Maka dari itu diharapkan masyarakat untuk bersedia mendonorkan darahnya guna untuk mengatasi kekosongan darah di PMI Tuban.

"Saya harap masyarakat bersedia mendonorkan darahnya untuk mengatasi ketersediaan kantong darah yang menipis saat ini," tandasnya.

Menurutnya, pada bulan puasa ini rata-rata pendonor darah yang datang di PMI Tuban adalah dua orang, jauh bila dibandingkan dengan hari-hari biasa yang bisa mencapai hingga 10 orang pendonor setiap hari.[hud/col]