Gelombang Laut Tinggi, Begini Keadaan Pantai Cemara

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Wisata Pantai Cemara yang ada di Sugihwaras, Kecamatan Jenu belakangan ini sedang tak bersahabat. Ya, gelombang ombak di Pantai Utara (Pantura) kali ini tengah mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Dari penuturan warga, pengelola Pantai Cemara, gelombang besar tersebut telah berlangsung sekitar 3 hari belakangan ini. Nampak pesisir pantai yang biasanya digunakan untuk bermain, santai, dan menjadi spot foto wisatawan itu terus disapu ombak.

"Sudah 3 hari ini ombaknya besar. Kalau pas awal puasa kemarin belum," terang Maskuri, salah seorang anggota Pokdarwis Pantai Cemara, Sabtu (11/5/2019).

Ditambahkannya, sejak tiga hari lalu, akhir pekan ini gelombang semakin tinggi. Bahkan, bagian pasir pantai tepi laut dengan mudahnya disapu ombak.

"Sebelumnya ya dangkal. Tapi sekarang ombak terus besar, jaraknya sekitar 10 meter ombak terus jalan ke pantai," imbuhnya.

Pengelola lain, Mbak Tun yang biasanya berdagang di sekitar area pantai juga menuturkan hal yang sama. Ombak di Pantai Cemara yang biasanya teduh, bersahabat, saat ini sedang naik dan membesar sampai area gubuk atau gazebo pengunjung.

"Hari ini tambah besar, biasanya kan ya sedang-sedang saja," ungkapnya kepada blokTuban.com.

Kendati begitu, keadaan tersebut tak lantas memberi kesan tanda bahaya oleh pengelola dan pengunjung. Namun, bila ada indikasi gelombang semakin tinggi, pihak pengelola akan memberi imbauan khusus kepada pengunjung dan melakukan koordinasi lanjutan. [feb/rom]