Di Bulan Ramadan, Kemenag Silaturami dengan Kiai

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Minggu pertama di bulan suci Ramadan, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, melakukan silaturahmai dengan para kiai di kediaman masing - masing.

Hari ini Kemenag melakukan silaturahmai di beberapa rumah kiaai yang ada di Tuban,  di anataranya KH. Cholilurrohman (Syuriah NU), KH. Masduqi NS (Pembina PD Muhammadiyah), KH. Riyad Tsauri (ulama), H. Sutrisno Rahmat (Ketua Yayasan Mabarot Sunan Bonang juga mantan Kakanwil Kemenag Prov. Jatim).

Kepala Kemenag Tuban,  Sahid mengatakan, apabila ulama dan umaro itu dekat dan sering saling silaturahmi, sering bertemu, menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan keumatan. Kedaan ini akan baik - baik saja.  

"Insyaalah keadaan ini akan tetap adem ayem, tentram, dingin, sejuk,"ungkap Sahid.

Lebih lanjut,  kegiatan silaturahmi ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada para tokoh masyarakat yang telah membantu salah satu Tugas Kemenag Tuban, dalam memberikan penerangan dan penyuluhan keagamaan.

Ia menambahkan, tokoh masyarakat atau kiai merupakan guru bagi kita serta masyarakat dalam memberikan ilmu agama. Memberikan ketauladanan dan pencerahan bagi kehidupan beragama di masyarakat, selain itu keberadaaan kiai juga merupakan hal penting, terlebih lagi di zaman milenial kini di mana banyak kebudayaan-kebudayaan ekstrem masuk ke Indonesia.

"Tugas Kemenag menjadi mudah dengan keberadaan kiai mengusung dan mendampingi anak bangsa dan masyarakat dalam menata moral, etika dan sopan santun," ungkapnya. [nid/ito]