Jelang Ramadan, Begini Persiapan PKL di Alun-Alun Tuban

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Tak sampai 24 jam bulan suci Ramadan segera tiba. Sejumlah persiapan, mulai dari keamanan, juga penertiban aktivitas para Pedagang Kaki Lima (PKL) kawasan Alun-Alun Tuban juga telah melakukan siasat berdagang.

Dari penuturan beberapa PKL di Alun-Alun, mereka lebih memilih buka selepas Ashar atau sekitar pukul 16.00 WIB. Sudah barang tentu demi menghormati hari-hari puasa selama 1 bulan ke depan.

"Sudah diberi surat edaran juga untuk ketentuan jualan saat bulan puasa," ungkap seorang PKL, Mak Win kepada blokTuban.com, Minggu (5/5/2019).

Namun begitu, dia lebih memilih untuk tak banyak membuka dagangan di sana. Sebab dari pengalaman yang sudah-sudah, jika berdagang saat bulan puasa tak cukup mendapat hasil optimal.

"Paling ya libur dulu besok. Kalau gak gitu ya jualan takjil saja," tambah penjual makanan dekat Masjid Agung Tuban.

Hal senada juga diturunkan oleh Pandi. Jika biasanya ia berdagang dari pagi sampai malam, kali ini ia berdagang sore hari sampai ibadah sholat Tarawih tiba.

"Bulan puasa soalnya. Ya tetap dagang walaupun jamnya dikurangi, tapi dibalik itu ya tetap ibadah. Semoga saja tetap lancar dan ramai, dapat berkah bulan suci ramadan," paparnya. [feb/ito].