Hilal Terlihat di Banyuurip, Resmi Besok Puasa

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Tim Badan Hisab dan Rukyatul Hilal (BHR) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menggelar observasi bulan sabit (rukyatul hilal) untuk menatapkan awal Ramadhan 1440 H di Bukit Banyuurip, Senori, Tuban, Minggu (5/5/2019). Hasilnya, hilal terlihat oleh tim BHR. Puasapun dipastikan jatuh pada Senin (6/5/2019) besok. 

"Alhamdulillah tim BHR Kabupaten Tuban dapat melihat hilal. Saksinya (sahidnya) ada dua orang," terang Kepala Kemenag Kabupaten Tuban, Sahid di lokasi rukyatul hilal. 

Dijelaskan Sahid, dua saksi yang melihat hilal, yakni Ali Mahfud dan Kasidikin. Masing-masing melihat hilal yang posisinya di selatan matahari terbenam. 

"Untuk saksi Ali Mahfud melihat pada pukul 17.33 Wib, sedangkan Kasdikin pada pukul 17.32 Wib," beber birokrat Kemenag asal Gresik tersebut. 

Ditambahkan Sahid, momen ini kali pertama hilal tampak di Banyuurip. Sebab, sejak dibangunnya menara hilal mulai 2017, hilal selalu gagal terlihat saat rukyat. 

"Alhamdulillah mujur kita bisa lihat hilal. Ini pertama kalinya setelah menara dibangun," ucapnya menambahkan. 

Diketahui, titik rukyatul hilal di Bukit Banyuurip ini pada ketinggian 260 meter di atas permukaan laut (DPL). Sementara tinggi hilal 5°35'25". [rof/col]